PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN TEKNIK MIND MAP PADA MATA KULIAH ANATOMI TUMBUHAN DI STKIP PGRI SUMATERA BARAT

  • Lince Meriko (Prodi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat)
Abstract view : 100 times
PDF - 97 times

Abstract


Sebagian besar mahasiswa STKIP PGRI Sumbar masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah, terutama pada struktur anatomi jaringan tumbuhan. Hal ini menyebabkan prestasi siswa rendah. Berdasarkan hal tersebut maka telah dilakukan penelitian dengan menggunakan teknik Mind Map. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok struktur jaringan pada organ vegetatif dan organ generatif tumbuhan melalui penerapan model pembelajaran aktif menggunakan Mind Map. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Siswa yang menjadi subjek penelitian bahwa siswa Sesi E Angkatan 2013 yang sebesar 33 orang. Penelitian yang dilakukan terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh setelah melakukan penelitian ini adalah peningkatan aktivitas siswa Prodi Pendidikan Biologi pada tahun 2013 sesi E pada mata pelajaran anatomi tumbuhan sebagai hasil dari penerapan Mind Map. Perbandingan aktivitas pada Siklus I ada 1 indikator yang mencapai kriteria baik yaitu indikator A.1, sedangkan pada Siklus II ada 2 indikator yang mencapai kriteria sangat baik yaitu indikator A.1, dan A.5. Pada akhir Siklus II semua indikator aktivitas belajar mahasiswa sudah mencapai target yang telah ditetapkan.

 


Keywords


Aktivitas belajar, Mind Map dan Anatomi tumbuhan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Buzan, T. 2009. Buku Pintar Mind Map. Jakarta, Gramedia

Esau, K. 1976. Anatomy of Seed Plant Second Edition. Willey Eastern Limited.

New Delhi.

Fidiana, I. U. 2008. Efektifitas Penggunaan Mind Map Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Biologi Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Siswa Kelas VIII Mts Negeri Ngemplak Yogyakarta[Skripsi]. Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hidayat, E.B. 1995. Anatomi Tumbuhan Berbiji.. Bandung : ITB

Isjoni, dkk. 2007. Pembelajran Visioner: Perpaduan Indonesia-Malaysia.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lufri 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP

Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and

Learning/CTL) dan Penerapan dalam KBK. Malang. UNM.

Widodo, A. 2004. Constructivist Oriented Lesson The learning Environment and

The Teaching Sequence.Frankfurt.Peter Lung.

Yudha, Silvia. 2006. Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Membuat Peta Pikiran dengan yang Menggunakan Peta Pikiran dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 12 Padang. Padang: UNP.




DOI: https://doi.org/10.22202/bc.2015.v1i2.1494


Refbacks

  • There are currently no refbacks.