PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING PADA MATA KULIAH EVALUASI PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI STKIP PGRI SUMATERA BARAT

Abstract view : 78 times
PDF - 74 times

Abstract


Berdasarkan pengalaman peneliti dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa biologi  STKIP  Sumatera  Barat  belajar  di  IV  nilai.  Evaluasi  utama  dan  hasil belajar  menunjukkan  penurunan.  Selain  itu,  aktifitas  mahasiswa  menunjukkan tidak puas dalam belajar. Hal ini ditunjukkan ketika dosen selesai menerangkan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang apa yang tidak  mereka  pahami,  mahasiswa  hanya  diam  mengambil.  Selain  itu  hanya

beberapa mahasiwa yang bertanya apa yang tidak mereka mengerti tentang materi tersebut. Ketika dosen bertanya tentang pokok bahasan hanya sedikit mahasiwa yang menjawab. Permasalahan pada pembelajaran ini adalah peningkatan aktifitas dan hasil yang tidak sesuai, sehingga penulis telah menemukan solusi alternatif lain   untuk   kasus   masalah   ini.   Tujuan   dari   penelitian   ini   adalah   untuk meningkatkan  kegiatan  belajar mahasiswa dan  hasilnya di  evaluasi,  dan  hasil belajar biologi STKIP Sumatera Barat dalam penelitian IV grades.  Ini adalah penelitian tindakan yang lakukan dalam dua tahap. Hasil pembelajaran kognitif adalah peningkatan aktifitas dan hasil belajar dengan model pembelajaran inovatif Guided teaching. Berdasarkan kegiatan belajar siswa yang didapat dari siklus 1 ke siklus 2, menunjukkan bahwa peningkatan siklus 2. Peningkatan kegiatan ketika mereka membuat tugas dan diskusi 10,5%. Kegiatan presentasi meningkat 4,7% dan aktifitas bertanya meningkat 9,5%. Kegiatan menjawab meningkat 39,1%. kegiatan menyimak penjelasan kuliah meningkat 8,6%. Peningkatan hasil belajar adalah 42,85%.

 

 


Keywords


Aktifitas, Guided teaching, Hasil Pembelajaran, dan Penelitian tindakan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara

Istarani. 2012. 58 Model Pemebelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Nana Syaodih, Sukmadinata. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.

Bandung : Remaja Rasda Karya

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Bandung Remaja Rosdakarya

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudijono, Anas. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Persada

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.22202/bc.2015.v1i2.1495


Refbacks

  • There are currently no refbacks.