PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE YANG DISERTAI LKS PADA MATA PELAJARAN IPA-BIOLOGI KELAS VIIA SMP TAMAN SISWA PADANG

Abstract view : 107 times
PDF - 65 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas siswa dan prestasi belajar mereka serta melalui  model  kooperatif  pembelajaran  tipe  TPS  dibantu dengan

lembar kerja siswa. Berdasarkan penelitian peneliti sebelumnya di SMP Taman Siswa Padang, ditemukan kegiatan dengan jumlah siswa dalam memperhatikan penjelasan guru dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang masih rendah. Akibatnya,  para  siswa  tidak  mampu  memahami  konsep  pembelajaran  secara optimal  dan  prestasi  mereka  yang rendah  dalam  belajar.  Ini  adalah  penelitian tindakan kelas yang dilakukan terhadap mahasiswa tahun pertama di SMP Taman Siswa Padang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari  perencanaan,  bertindak,  mengamati  dan  refleksi.  Berdasarkan  hasil pengamatan peneliti terhadap siswa pada kegiatan belajar dari siklus I ke siklus II, ada peningkatan jumlah kegiatan siswa yang terdiri dari dua indikator: kegiatan memperhatikan penjelasan guru 67% dan kegiatan dalam menyelesaikan lembar kerja siswa 79%. Kegiatan siswa dalam siklus pertama dalam kategori baik. Pada siklus kedua, ada empat indikator yang diamati: kegiatan siswa memperhatikan penjelasan guru 98%, kegiatan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja siswa

100%,   kegiatan   siswa   dalam   membahas   84%   dan   kegiatan   siswa   dalam mengoreksi lembar kerja siswa 100%. Kegiatan siswa dalam siklus kedua adalah dalam kategori sangat baik. Prestasi belajar siswa meningkat dari 50% pada siklus I   menjadi   83%   pada   siklus   II.   Berdasarkan   hasil   penelitian,   peneliti menyimpulkan  bahwa  penggunaan  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  TPS dibantu  dengan  worksheet  siswa  dapat  meningkatkan  kegiatan  tahun  pertama siswa dan prestasi belajar mereka pada pelajaran biologi di SMP Taman Siswa Padang.

 


Keywords


Aktifitas, Think Pair Share, dan Hasil pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Anita Lie. 2007. Cooperatif Learning. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Hisyam Zaini dan Sekar Ayu Aryani. 2004. Strategi Pembelajran Aktif.

Yogyakarta: CTSD

Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and

Learning/CTL) dan Penerapan dalam KBK. Malang. UNM

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.22202/bc.2015.v1i2.1503


Refbacks

  • There are currently no refbacks.