Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Pada Materi Fotosintesis untuk Siswa Kelas VIII MTsN Koto Nan Gadang

  • sri Nengsih (STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh, Jl. Prof. M Yamin Payakumbuh. Telp. (0752) 93650)
Abstract view : 231 times
PDF - 108 times

Abstract


Media pembelajaran animasi yang tersedia di pasaran atau Internet, memiliki begitu banyak perbaikan. Namun, ada beberapa kekurangan atau kelemahan dalam media pembelajaran, seperti tidak memiliki dengan penjelasan sehingga  guru  perlu  menjelaskannya.  Dan  media  menampilkan  materi  terlalu cepat atau tidak memiliki tombol kontrol sehingga siswa kesulitan untuk memahami dan guru terburu-buru untuk menjelaskannya. Juga template media yang tidak cocok dengan pengguna. Oleh karena itu, berdasarkan kekurangan atau kelemahan ini penelitian untuk mengembangkan animasi media pembelajaran fotosintesis untuk kelas VIII siswa MTsN Koto Nan Gadang, bertujuan untuk membuat kelas biologi lebih menarik, efektif dan efisien. Penelitian ini adalah metode   menggunakan   4-D   Model,   definisi,   desain,   pengembangan   dan penyebaran. Pada tahap pengembangan, peneliti harus melakukan validasi untuk media pembelajaran animasi, dilakukan dengan 2 validator menggunakan lembar validasi untuk melihat kepraktisan media pembelajaran animasi, lembar validasi ini diberikan kepada guru dan siswa. Hasil pengolahan data dari validasi dan kepraktisan kuesioner disimpulkan bahwa media pembelajaran animasi yang dikembangkan adalah valid dalam kualitas dan praktis untuk digunakan oleh guru dan siswa, sehingga cocok untuk menjadi media  pembelajaran  Biologi  dalam subjek fotosintesis


Keywords


Animasi, Fotosintesis, dan Media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Angkowo, R., & Kokasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajran. Jakarta: PT.

Grasindo.

Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada. Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: GavaMedia.

Gora, Winastwan. 2004. Animasi 3D Instant Menggunakan Ulead Cool 3D Studio. Yogyakarta: Andi.

Imayanti , Erly Nurul. 2009. Pemanfaatan Media Animasi Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Bagi Siswa Kelas IXF SMPN 1 Balongbendo TA 2009 – 2010[Skripsi].

Sadiman, Arif S, dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan

Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2002. Animasi dengan Macromedia Flash. Yogyakarta: Graha ilmu.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Vaughan, Tay. 2006. Multimedia: Making it Work Edisi 6 .Yogyakarta : Andi. Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya.

Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.22202/bc.2015.v1i2.1504


Refbacks

  • There are currently no refbacks.