PENGARUH PELATIHAN MOTIVASI BERBASIS OTAK TERHADAP KEKUATAN LIMBIK , ABILITAS, KREATIFITAS DAN KEMAUAN SISWA

  • Abdul Razak (Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP))
Abstract view : 179 times
PDF - 151 times

Abstract


Penelitian ini untuk bertujuan membuktikan pengaruh pelatihan motivasi berbasis otak terhadap kekuatan limbik, abilitas, kreatifitas dan kemauan siswa kelas III SMPN 9 Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini merupakan aplikasi neurosains dalam bidang pendidikan yang telah diteliti selama lima tahun. Metodeyang digunakan adalah metode Kinesiologi yang merupakan ilmu yang mempelajari  tentang  saraf-saraf  pada  lengan  yang  telah  dikembangkan  oleh ahlinya untuk deteksi berbagai penyakit dan mampu menjelaskan secara ilmiah penyebab hal tersebut dengan mekanisme gelombang elektromagnetis tubuh.Selanjutnya, metode perrmainan motivasi (game motivation) dapat mengukur    abiliotas,    kreativitas    dan    kemauan    siswa.    Hasil    penelitian

menunjukkan  pengaruh yang nyata, dimana85.30 % kondisi limbik siswa SMPN

9 pada taraf yang lemah. Sementara, sisanya dalam kondisi agak lemah 11.77% dan  limbik  yang  kuat  dengan  prosentase  0.03%.pada  saat  sebelum pelatihan.Setelah pelatihan, limbik level kuatmenjadi 0.06%. Kondisi limbik yang lemah berkurang menjadi 42.42%.Selanjutnya, sebelum pelatihan, nilai kreatifitas, abilitas dan kemauan masing-masing adalah 12-109, 12-93 dan 16-82. Setelah pelatihan  tingkat  kreativitas,  abilitas  dan  kemauan  siswa  meningkat  dengan rentang masing-masing 38-137, 22-96 dan 29-150. Terbukti, pelatihan motivasi berbasis otak mempengaruhikekuatan limbik, abilitas, kreatifitas dan kemauan siswa kelas III SMPN 9 Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat

 

 


Keywords


Kinesiologi, abilitas, kreativitas, kemauan, pelatihan motivasi berbasis otak

Full Text:

PDF

References


Rivai ,A. 2006. Kinesiologi Terapan.Yayasan Masag Medan

Indian Journal Psychiatry v.49(2); Apr-Jun 2007

Rose, C dan Nicholl, J.M. 2002. Accelerated Learning.(Terjemahan Dedi

Ahimsa) Bandung : Penerbit Nuansa

Soenarno, 2006. Game Motivation.Jakarta : Gramedia




DOI: https://doi.org/10.22202/bc.2015.v1i2.1510


Refbacks

  • There are currently no refbacks.