SPECIES DICROGLOSSIDAE (AMPHIBIA) PADA ZONA PEMANFAATAN TNKS DI WILAYAH SOLOK SELATAN

  • Meliya wati (Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat.)
Abstract view : 115 times
PDF - 158 times

Abstract


Amphibia merupakan jenis komoditi ekspor yang cukup besar, karena indonesia mengekspor katak hingga ribuan ton tiap tahunnya. Katak-katak yang diekspor adalah jenis katak berbadan besar yang diperoleh dari pembudidayaan dan ditangkap langsung dari habitatnya. Sementara, jenis-jenis katak berbadab besar pada umumnya dari kelompok famili Dicroglosidae. Kawasan solok selatan merupakan bagian dari kawasan taman nasional kerinci seblat yaitu zona pemanfaatan. Pada daerah ini ditemukan banyak sekali jenis-jenis katak, termasuk jenis dari Dicroglossidae. Pencarian Amphibia dengan metode visual ecounter survey (VES) difokuskan pada jalur yang sudah ditentukan, dengan cara berjalan pada suatu lokasi yang diduga banyak Amphibianya pada malam hari dari pukul 18.00 - 23.00 WIB. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 5 spesies Dicroglosidae di Zona Pemanfaatan di Kawasan TNKS Solok Selatan, diantaranya Fejervarya limnocharis, Limnonectes ingeri, Limnonectes macrodon, Limnonectes ibanorum, Limnonectes shompenorum

Keywords


Familia Dicrolossidae, Zona Pemanfaatan, Solok Selatan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, F. Dan S. M. Ibney. 2015. Frog in The Genus Fejervarya (Anura: Dicroglossidae) of The Nazipur Area, Patnitala Upazila, Naogaon District In Northwestern Bangladesh. IRCF Reptiles & Amphibians 22(4):145-149.

Anonim. 2015. Laporan Tahunan. Seksi Pengelolaan TN Wilayah IV: Bidang Pengelolaan TN wilayah II Sumatera Barat. Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat: Sangir.

Brotowidjoyo, M.D. 1994. Zoologi Dasar. Jakarta: Erlangga.

Inger, R. F and Stuebing, R. B. 2005. Frogs of Borneo. Natural Hystory Publications (Borneo). Kota Kinabalu.

Iskandar, D. T. 1998. Amfibi Jawa dan Bali. Terjemahan oleh Martodihardjo. Puslitbang Biologi. LIPI.

Kanna, I. 2005. Bullfrog Pembenihan dan Pembesaran-Seri Budidaya. Kanisius. Yogyakarta.

Kurniati, H. 2008. Jenis-Jenis Kodok Berukuran Besar Yang Dapat Dikonsumsi Dan Mampu Beradaptasi Dengan Habitat Persawahan di sumatera. Jurnal fauna Indonesia.Vol 8(1) 2008: 6-9.

Kusrini, M. D. 2007. Konservasi Amphibia Di Indonesia: Masalah Global Dan Tantangan. Jurnal media konservasi. Vol XII. Hlm. 89-95.

Mistar. 2003. Panduan Lapangan Amfibi Kawasan Akosistem Leuser. LIPI-NGO Movenent. Bandung.

Wanda, I. F. 2012. Jenis-Jenis Anura (Amphibia) di Hutan Harapan Jambi. Jurnal Biologi Universitas Andalas. Vol 1 (2) Desember 2012: 99-107.




DOI: https://doi.org/10.22202/bc.2016.v2i2.1526


Refbacks

  • There are currently no refbacks.