PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMAN 15 PADANG

Abstract view : 103 times
PDF - 87 times

Abstract


Rendahnya hasil belajar biologi siswa dikarenakan kurangnya motivasi siswa untuk belajar, siswa malas mencatat, kurangnya buku pegangan siswa sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Learning tipe Guided Note Taking terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Teknik pengambilan sampel dalam peneltian ini adalah Purposive Sampling. Sehingga diperoleh dua kelas sampel yaitu X MIA I sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar afektif berupa lembaran obeservasi sikap sedangkan instrumen hasil belajar psikomotor siswa  berupa lembaran penilian keterampilan dengan melihat aktifitas siswa pada saat siwa mengerjakan lembaran Guide Note Taking (lembaran catatan terbimbing) secara berkelompok. Teknik analisis data hasil belajar yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf nyata 0.05 diperoleh thitung= 2.56 dan ttabel =1.67. Hasil penelaian afektif siswa pada kelas eksperimen yaitu 3.5 dengan predikat B+ dan untuk kelas kontrol diperoleh 2.48 dengan predikat C+. Sedangkan untuk hasil penilaian psikomotor siswa eksperimen yaitu 3.09 dengan predikat B dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai yaitu 3.29 dengan predikat B+. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan menggunakan strategi pembelajaran active learning tipe guided note taking berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 15 Padang baik pada ranah kognitif, afektif maupun psikomotor. 


Keywords


Pendekatan saintifik, Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Guided Note-Taking, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar Dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Model Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan SMA.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Lufri. 2005. Metode Penelitian. Padang :UNP Press.

Permendikbud.2014 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Silberman, Melvin L. 2013. ActiveLearning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Slameto.2013. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung :Tarsito.

Suprijono, Agus.2010.Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.22202/bc.2016.v2i2.1536


Refbacks

  • There are currently no refbacks.