STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IA SMAN 5 SOLOK SELATAN

Abstract view : 115 times
PDF - 123 times

Abstract


Rendahnya hasil belajar biologi siswa karena kurangnya pemahaman dan penguasaan materi pelajaran pada topik sistem koordinasi dan siswa cendrung pasif dan kurang berpartisipasi dalam belajar. Salah satu strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan strategi belajar aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMAN 5 Solok Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA2 sebagai kelas kontrol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi belajar aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IA SMAN 5 Solok Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan  hasil belajar biologi siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan strategi belajar aktif tipe Everyone is a Teacher Here lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.


Keywords


Hasil belajar, ETH, strategi belajar aktif, belajar biologi

Full Text:

PDF

References


Lufri. 2007. Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. UNP Pres: Padang.

Lufri, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. UNP: Padang.

Misnar. 2011. Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa dengan Menggunakan Strategi Everyone Is A Teacher Here (ETH) dan Strategi Listener Team Pada Siswa Kelas VIII SMPN 03 Koto Baru. Skripsi STKIP PGRI: Padang.

Silberman, Melvin . 2006. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Nusamedia: Bandung.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito: Bandung.

Suharsimi, Arikunto. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Rev.Bumi Aksara: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.22202/bc.2016.v2i2.1537


Refbacks

  • There are currently no refbacks.