ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII MTsS PGAI PADANG

  • zikra zikra (Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat)
Abstract view : 652 times
PDF - 210 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar pada mata pelajaran IPA (Biologi). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan angket dan wawancara. Penelitian ini di lakukan pada siswa kelas VII MTsS PGAI Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar Biologi siswa yaitu 45% siswa sulit belajar karena dari faktor diri sendiri, faktor dari lingkungan sekolah 33% dengan kategori rendah, faktor keluarga 70% (dengan kategori tinggi), faktor dari lingkungan masyarakat 63% (dengan kategori tinggi). 


Keywords


Analisis, kesulitan, belajar, Biologi

Full Text:

PDF

References


Baharudin dan, Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Dimyati dan, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziah, Eka Rusnani. 2013. Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Anak SMP Negeri 1 Samboja. eJurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 1 No. 3.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusmawan. 2013. Faktor yang Memengaruhi Kesulitan Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol. XXXII No. 2. Juni.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Susanto, A.2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada media Group.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Zafri. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang.




DOI: https://doi.org/10.22202/bc.2016.v2i2.1539


Refbacks

  • There are currently no refbacks.