PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSON TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PADA MATERI EKOSISTEM

Lora Purnamasari, epa paujiah

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya penguasaan konsep peserta didik dalam mata pelajaran Biologi terutama materi ekositem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran tipe peer lesson terhadap peningkatan penguasaan konsep Biologi peserta didik kelas VII pada materi ekosistem di SMP Negeri 11 Bandar Lampung.  Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Bandar Lampung Tahun 2014/2016. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dan desain penelitian Pretest-Postest control group design, dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung=4.029 sedangkan ttabel=1.674, oleh karena thitung>ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan konsep Biologi peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Bandar Lampung tahun ajaran 2014/2015 pada materi ekositem.


Keywords


Strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson, penguasaan konsep, materi Ekosistem

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S.B. 2005. Starategi Belajar Mengajar. Rieneka Cipta : Jakarta.

Rustama N, Nuryani Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. UNM: Malang.

Trianto. 2005. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi aksara : Jakarta.

Silberman, Melvin L.2011. Active Learning 1001 Cara Belajar Aktif. Nusa Media: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.22202/bc.2016.v2i2.1545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BioCONCETTA Visitor