PENGEMBANGAN LKS MATERI SISTEM REGULASI MANUSIA DILENGKAPI TEKA-TEKI SILANG UNTUK SMA

Abstract view : 20 times
PDF - 14 times

Abstract


LKS yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran masih ditemukangambar belum berwarna, soal-soal latihan berupa objektif,desain LKS belum menarik dan bervariasi. Ini menyebabkankurangnya minat siswa untuk belajar. Tujuan penelitian adalah untukmempermudah siswa memahami materi sistem regulasi manusia dan meningkatkan minat siswa dalam belajar.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan denganmenggunakan tiga tahap dari model 4-D, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Hasil pengolahan data dari angket validasi, menghasilkan rata-rata sebesar 77%yang tergolong dalam kategori valid. Hasil pengujian angket praktikalitas respon guru memperoleh rata-rata sebesar 85,50% dengan kategori sangat praktis dan rata-rata praktikalitas respon siswa sebesar 87,62% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan, LKS yang dikembangkan, sudah valid dan praktis digunakan oleh guru dan siswa, sehingga layak untuk dijadikan LKS pembelajaran biologi.


Keywords


LKS, Sistem Regulasi, Teka-Teki Silang

Full Text:

PDF

References


Afriani, Ananda, Sumarmin. 2013. Pengembangan Modul Bergambar Dilengkapi LKS Dengan Pendekatan Jas Pada Pembelajaran Materi Sistem Organ UntukSiswaSMA KelasXI Semester Genap. (http://ejournal. unp.ac.id, diakses 7 Juni 2016).

Belawati, Tian. 2006. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Cahyani, Ardi, dan Amri. 2014. Pengembangan Handout Bernuansa Kontekstual PadaMateri Sistem Regulasi Manusia Untuk SMA. (http://ejournal-s1-pgri-sumbar. ac.id, diakses 7 Juli 2016).

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan BahanAjar.(https://www.slideshare. net/mobile/mmubaraq/panduan-pengembangan-bahan-ajar, diakses 15 Februari 2016).

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Khalilullah, M. 2012. Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Media Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat).JurnalPemikiran Islam, (online),Vol.37,No.1(http://download.portalgaruda.org/article,diakses 5 Desember 2015).

Maret, Ervina. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe GroupInvestigation Topik Limit Fungsi Aljabar Pada Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan MIPA, (Online), Vol.1, No.2, (http://ikippgrimadiun. ac.id /pdf, diakses 7 Juli 2016).

Resfianti, Riri. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Picture and Picture Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Palupuh. Skripsi tidakditerbitkan.Batusangkar: Program Studi Pendidikan Biologi.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Uinsby. 2011. bab%202.(http://digilib.uinsby.ac.id/8218/5/bab%202.pdf, diakses 5 Desember 2015)

Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar KerjaSiswa.(http://staff.uny.ac.id /system/files/pengabdian/endangwidjajanti-lfx-ms-dr/kualitas-lks.pdf,diakses15 Februari 2016).




DOI: https://doi.org/10.22202/bc.2018.v4i1.2680


Refbacks

  • There are currently no refbacks.