Hubungan Antara Nilai Kompetensi Pengetahuan Biologi Umum dengan Taksonomi Invertebrata

Abstract view : 18 times
PDF - 19 times

Abstract


Mata kuliah Biologi Umum merupakan mata kuliah wajib yang menjadi prasyarat mata mata kuliah lanjutan dalam bidang biologi, sehingga kompetensi Biologi Umum menjadi sangat penting. Adanya dugaan atau anggapan bahwa jika lulus mata kuliah tersebut dengan predikat sangat baik maka kompetensi mata kuliah lain juga akan cenderung baik. Hal itu menandakan kompetensi Biologi Umum menjadi tolok ukur untuk kompetensi mata kuliah lainnya pada bidang biologi. Oleh sebab itu untuk membuktikan benar atau tidaknya anggapan tersebut, maka dilakukan penelitian ini.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nilai kognitif Biologi Umum dan nilai kognitif Taksonomi Invertebrata mahasiswa Program Studi pendidikan biologi STKIP PGRI Sumatera Barat angkatan 2015.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi yang dilaksanakan pada Maret-Mei 2017 di STKIP PGRI Sumatera Barat. Sebagai populasi adalah 123 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat angkatan 2015. Penetapan sampel secara random sampling. Dengan mempertimbangkan kelengkapan nilai Biologi Umum dan nilai Taksonomi Invertebrata, maka sampel (subjek penelitian) adalah 60  orang mahasiswa. Data penelitian berupa nilai kognitif (nilai murni) rata-rata dari nilai ujian tengah semester dan ujian akhir semester.  Nilai kognitif Biologi Umum sebagai variabel X dan nilai kognitif Taksonomi Invertebrata sebagai variabel Y dianalisis secara korelasional dengan rumus korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif tetapi agak rendah dan signifikan antara nilai kognitif Biologi Umum dan nilai kognitif Taksonomi Invertebrata mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat angkatan 2015. Sumbangan kompetensi kognitif mata kuliah Biologi Umum terhadap kompetensi kognitif mata kuliah Taksonomi Invertebrata hanya 32,49%. 


Keywords


Nilai Kognitif, Biologi Umum dan Taksonomi Invertebrata

Full Text:

PDF

References


Anonimus, 2015 b. Permenristekdikti RI Nomor 44 Tahun 2015.

Anonimus. 2015 a. Buku Pedoman Akademik Penyelenggaraan Pendidikan Tahun Akademik 2015/2016. STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang.

Chania, Yen., M. Haviz dan Dewi Sasmita. 2016. Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Saintek. 8 (1) : 77-84 IAIN Batusangkar.

Hidayat, Akhmad F. 2013. Hubungan Regulasi Diri Dengan Prestasi Belajar Kalkulus II Ditinjau Dari Aspek Metagognisi, Motivasi dan Perilaku. Jurnal Elektronik Untad. ac.id.

Hildayati, M. 2002. Penelusuran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Semester I Universitas IBN Khaldum Bogor. Skripsi Jurusan Statistika MIPA IPB Bogor.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo, Yogyakarta.

Lufri, Arlis Y. Yunus dan Sudirman. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Jurusan Biologi FMIPA UNP. Padang

Mudjiono dan Dimyati 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta.

Ruswinda, Fitria., Evi Suryawati dan Yustini Yusuf. 2013. Hubungan Antara Kemampuan Mahasiswa Pada MataKuliah Telaah Kurikulum Biologi Dengan Pengembangan Program Pembelajaran Biologi (P3B) Mahasiswa Angkatan 2009 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau. Repository. Unri.ac.id.

Silaban, Bajongga. 2014. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas Dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. Vol. 20 (I) : 65-75.

Sudjana. 1992. Metoda Statistika. Edisi Kelima. Tarsito, Bandung.

Sugeng. 2016. Korelasi Kemampuan Matematika dan Fisika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Teknik Elektro D3 Unisma. Journal of Electrical and Electronic. Vol. 1 Nomor 1.

Surnaryaningsih, Ina dan Dedi Kurniawan. 2016. Hubungan Antara Penguasaan Teori Dasar-Dasar Elektronika Dengan Penguasaan Pengukuran Komponen Elektronika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Memahami Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X SMKN Geneng. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (Jupiter). Vol. 1 Nomor 1. Maret.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady S. 2006. Pengantar Statistika. Edisi Kedua. Bumi Aksara, Jakarta.

Zainul, Asmawi dan Noehi Nasution. 2005. Penilaian Hasil Belajar. PAU-PPAI. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.22202/bc.2018.v4i1.2681


Refbacks

  • There are currently no refbacks.