PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIFITAS SISWA KELAS X SMA

Abstract view : 23 times
PDF - 19 times

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model problem based learning terhadap aktivitas siswa kelas X di salah satu SMA di Indonesia. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan partisipan semua siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel dengan desain randomized posttest only control group. Sampel adalah siswa kelas X IPA3 sebagai eksperimen dan siswa kelas X IPA2 sebagai kontrol dan data dianalisis menggunakan t-test. Intrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner sikap dengan skala pengukuran dan diolah dengan rumus persentase, maka diperoleh nilai siswa kelas eksperimen 83,56 dan siswa kelas kontrol 83,49. Nilai yang diperoleh kemudian diuji statistik dengan t-test. Didapatkan thitung = 0,27 < ttabel = 1,67 sehingga H1 ditolak. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning tidak memiliki pengaruh yang baik terhadap pembelajaran di ranah afektif.


Keywords


problem-based learning, ranah afektif

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R.S. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Asma, Nur. 2012. Model pembelajaran kooperatif. Padang: Universitas Negeri Padang.

Arsyat, A. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta. PT Rajagafindo Persada.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta. PT Rajagafindo Persada.

Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaranan. Jakarta. Rajawali Perss.

Sadiman, A.S. Rahardjo., R. Haryono, A dan Rahardjito. 2000. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman, AM. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.22202/bc.2018.v4i1.2801


Refbacks

  • There are currently no refbacks.