Author Guidlines

Unduh Di sini

Pedoman Penulisan Artikel Jurnal Bioconcetta

 

Jurnal Bioconcetta memuat naskah ilmiah hasil penelitian dibidang biologi dan pendidikan biologi. meliputi bidang pendidikan Biologi: Kurikulum, Strategi, Media, Bahan ajar dan penilaian serta Biologi Sains: Taksonomi, Ekologi, Genetika, Perkembangan, Lingkungan, Bioteknologi dan Fisiologi. Artikel dapat berupa hasil penelitian mutakhir, komunikasi singkat, dan artikel ulas balik (review). Naskah artikel yang diterima adalah naskah yang belum pernah dimuat atau tidak sedang dalam proses publikasi pada berkala ilmiah nasional maupun internasional lainnya, milik sendiri penulis (tidak plagiat). Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Setiap naskah yang masuk dalam Jurnal Bioconcetta ditelaah oleh Dewan Editor. Dewan editor berhak meminta penulis untuk memperbaikinya sebelum naskah dikirimkan penulis untuk memperbaikinya sebelum naskah dikirimkan kepada mitra  bebestari (peer  reviewer). Setiap naskah ditelaah oleh sekurang-kurangnya 2 orang mitra bestari yang identitasnya akan dirahasiakan.

 

Pengiriman Naskah

Format  file  naskah.  Naskah  yang  dikirimkan  harus dalam format file Microsoft Word dan mencantumkan jenis artikel yang dikirimkan.

Surat pengantar (cover letter). Penulis harus menyertakan surat penghantar yang berisi informasi mengenai aspek penting dari penelitian, pernyataan bahwa  naskah sedang  tidak dipublikasikan di jurnal ilmiah yang lain dan rekomendasi minimal 3 (tiga) nama mitra bebestari (reviewer) beserta alamat instansi dan email (template dapat diunduh di website)

Cara pengiriman naskah. Naskah dan surat pengamtar dapat dikirimkan  melalui:

a. Sistem  Online  (online  submission)  yaitu  dengan mengakses website: http://ejournal.stkip-pgri- sumbar.ac.id/index.php/BioCONCETTA

b. Surat elektronik (e-mail) yaitu mengirimkan lansung ke lamat e-mail editor : pbio.stkippgri@gmail.com

Jenis Naskah

Artikel. Naskah yang menyajikan skema penelitian yang luas dan diskusi mendalam dari hasil temuan. Struktur artikel  terdiri  dari Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil, pembahasan, Kesimpulan dan Daftar  Pustaka. Panjang naskah 15 halaman or 3000-4500 kata( termasuk gambar dan tabel).

Komunikasi singkat. Berdasarkan urgensi lingkup penelitian dan atau kedalaman diskusi Bioconcetta akan memasukkan dalam komunikasi singkat. Komunikasi singkat(~ 1500 kata). Proses review sama dengan review untuk artikel.

Format Naskah

a. Naskah  diketik  dengan  jenis  huruf  Times  New Roman 12 pt, spasi rangkap dan rata kiri pada lertas berukuran  A4.  Batas  tepi  (margin)  bawah,  atas, kanan 3 cm dan batas tepi kiri 4 cm.

b. Nomor  halaman  ditempatkan  pada  bagian  bawah kanan.

c. Menggunakan nomor baris. Pada perangkat lunak Microsoft Word, untuk menyertakan nomor baris, pilih menu”Page Layout”, klik”Line Numbers”, lalu pilih “Continous”.

d. Tabel dan gambar harus jelas serta ditempatkan pada bagian akhir naskah setelah daftar pustaka. Teks dan angka dalam gambar dan tabel menggunakan huruf Times New Roman 10 pt.

Struktur Artikel

1. JUDUL (satu halam terpisah)

2. AUTHOR  (S) FULL NAME

3. AUTHOUR (S) FULL ADDRESS

4. DATA CORRESPONDENCE AUTHORS: PHONE, FAX, AND E-MAIL

5. ABSTRAK (termasuk kata kunci) dalam bahasa Inggris.

6. PENDAHULUAN

7. BAHAN DAN METODE

8. HASIL

9. PEMBAHASAN

10. KESIMPULAN

11. UCAPAN TERIMAKASIH

12. DAFTAR PUSTAKA

13. Daftar Tabel (beserta judul tabel)

14. Daftar Gambar (beserta judul gambar)

Uraian Struktur Penulisan artikel

Judul.  Judul  singkat (tanpa  singkatan)  dan  jelas (≤14 kata), diketik dengan huruf besar pada setiap awal kata dengan pengecualian sesuai kaidah bahasa Indonesia. Nama latin dan istilah asing lainnya diketik dengan huruf miring.

Author’s Data. Author nama lengkap tanpa gelar dan status (mahsiswa, pengajar, penulis dll) dan alamat lengkap ( lengkap dengan kode pos). Contoh: Evrialiani Rosba, Prodi Pendidikan Biologi, STKIP PGRI Sumatera Barat, Gunung Pangilun, Padang 2500. Penulis korespondensi diberi tanda (*) setelah nama penulis dan dilengkapi dengan nomor telpon/ fax dan alamat E-mail.

Abstrak. Ditulis dalam bahasa Inggris. Panjang abstrak tidak lebih 250 kata dalam satu paragraf. Abstrak berisi ringkasan dari latar belakang dan tujuan penelitian, metodologi, hasil atau dampak (ulasan) dan kesimpulan.

Keywords.  Ditulis  dalam  bahasa  Inggris  maksimal  5 yang penting atau mewakili isi abstrak dan dapat digunakan sebagai kata penelusur (searching words).

Pendahuluan. Bagian pendahuluan berisi latar belakang dan dukungan kepustakaan yang diakhiri dengan tujuan penelitian.

Bahan dan Metode. Bahan dan metode harus mencangkup informasi mengenai tempat dan waktu

Instruksi Untuk Menulis

Metode penelitian, dan analisis statistik. Metode yang dilaksanakan (termasuk cara penggunaan alat) dituliskan secara terperinci bila belum pernah dipublikasikan. Metode atau modifikasi metode yang sudah diterbitkan cukup dijelaskan prinsipnya disertai pustakanya. Spesifikasi alat dan bahan yang digunakan dituliskan dengan jelas pada saat menjelaskan metode penelitian, misalnya Haake Viscometer Rotovisco RV20 (Karlsruhe, Jerman) untuk mengukur karakteristik reologi CPO. Satuan pengukuran menggunakan International Standard Units (g, kg, L, cm) dan model penulisan g L-1 bukan g/L. Bila dalam penelitian menggunakan beberapa jenis galur(strain)/isolate/ mutan mikrob, penulisannya dalam bentuk tabel yang berisi identitas (nama, kode, nomor koleksi, sumber, dan karakter fisiologi atau genetika) dari galur/isolate/mutan mikrob tersebut.

Hasil. Hasil dan pembahasan ditulis terpisah berdasarkan metode yang digunakan, Pemaparan hasil tidak perlu disertai pustaka. Data yang sama tidak dapat disajikan dalam bentuk tabel dan gambar sekaligus, harus dipilih salah satu. Semua data yang diberikan dalam hasil harus dinyatakan dalam tabel dan grafik. Ketentuan tabel dan grafik dapat dilihat dibawah.

Pembahasan.  Pembahasan  membahas  hasil-hasil penting yang dipaparkan pada bagian hasil, dalam kaitannya dengan perumusan masalah, tujuan, dan hipotesis penelitian. Persamaan, perbedaan dan keunikkan hasil penelitian yang diperoleh dibandingkan dengan informasi atau referensi terkini dalam bidang terkait. Dibagian akhir pembahasan dikemukakan implikasi bagi bidang terkait.

Kesimpulan. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan mengacu pada perumusan masalah dan tujuan penelitian.

Ucapan  Terima  Kasih.  Ucapan  terima  kasih disampaikan kepada penyandang dana dan pihak-pihak yang telah berjasa dalam penelitian hingga tulisan dihasilkan.

Dafar   Pustaka. 

Daftar pustaka terdiri dari daftar referensi materi. Disarankan 50% berupa referensi primer (artikel jurnal) dan setidaknya ada beberapa pustaka terbitan lima tahun terakhir. Acuan (sitasi) pustaka dalam teks adalah nama family (belakang) penulis diikuti dengan tahun. Apabila terdiri dari atas tiga atau lebih penulis maka cukup mencantumkan penulis pertama diikuti dengan et al.,.. Daftar   pustaka   disusun berdesarkan urutan abjad nama akhir penulis pertama. Nama penulis pertama dan penulis berikutnya didahului nama  family yang diikuti singkatan nama pertama atau nama tengah tanpa dipisahkan tanda koma atau titik.

Contoh Penulisan Pustaka Artikel Berkala ilmiah

Author   AB,   Author   CD,   Author   EF.2012.Title   of article. Journal 60:65-85. Contoh:

Bao JS, Xia YW. 1999. Genetic control of the paste viscosity characteristics in indica rice (Oryza Sativa L). Theor Appl Genet 98:1120-1124.http://dx.doi.org/10.1007/s001220051175

Buku dengan Pengarang

Author GH, Author IJ. 2015. Title of Book.   . City of publication: Publisher’s name. Contoh: Hajek AE. 2004. Natural Enemies An Introduction to Biological Control. New York : Cambridge University Press

Bab dalam Buku

Author  KL,  Author  MN.  1999.  Title  of  a  chapter:  a subtitle. In: Editor MN, Editor OP (eds). Title of Book. 2nd ed. City of publication: Publisher’s name. p 200-235. Contoh:

Halverson    J,    Spelman    LH.    2002.    Sex determination and its role in management. In: Murphy JB, Ciofi C, De La Panouse C, Walsh T(eds). Komodo dragon:    Biology    and    Conservation.    Washington: Smithsonian Institution Pr.p165-177

Skripsi/Tesis/Disertasi

Author  MN.  2002.  Title  [Dissertation].  Location  of University:  Name  of university. Contoh:  

Larisu  MA. 2011.  Kajian  Ilmiah  Rebusan  Batang  Katola (Arcangelisia flava L. Merr) Obat Tradisional Diare Berdarah Masyarakat Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara [Tesis]. Universitas Gadjah Mada

Gambar. Lebar gambar maksimal 8.5 cm. Nomor dan judul di ketik dengan jenis huruf Times New Roman 10 pt.  Judul  gambar  (di  bawah  gambar)  di  beri  nomor sesuai urutan pengacuaan di dalam teks dan di awali dengan huruf besar selanjutnya huruf kecil dengan pengecualian sesuai kaidah bahasa yang berlaku. Format gambar dalam bentuk terbuka (tanpa garis batas atas dan kanan).

Grafik Statistik. Menggunakan standar deviasi untuk setiap nilai tengah. Penulis yang menggunakan program Microsoft Excell harus menyertakan data mentah.

Foto.  Mencantumkan  skala  pengukuran  pada  gambar foto.

Tabel. Memberikan standar deviasi pada setiap nilai tengah. Judul tabel (di atas tabel) di beri nomor sesuai urutan pengacuaan di dalam teks dan di awali dengan huruf besar selanjutnya huruf kecil dengan pengecualian sesuai kaidah bahasa yang berlaku. Isi tabel dan Judul tabel di ketik dengan jenis huruf Times New Roman 10 pt. Format tabel dalam bentuk terbuka (tanpa garis batas atas dan kanan).