PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 5 LINGGO SARI BAGANTI

Abstract view : 3 times
PDF - 3 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya owareness mengeluarkan pendapat dan rendahnya hasil belajar. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menerapkan strategi pembelajaran ETH. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian posttest only control group design dan terdiri dari dua kelas. Mereka adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes akhir dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa kelas sampel secara normal. Didistribusikan dan memiliki variasi yang homogen, hasil uji hipotesis diperoledengan menggunakan uji t. satu partai dianugerahi thitung = 2,04 dan ttabel = 1,68. Jadi diproses thitung> ttabel = 2,04> 1,68 maka hipotesis diterima. Sehingga dapat dikondisikan hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan pembelajaran ETH lebih baik di sini daripada hasil belajar dengan menerapkan cara konvensional di SMPN 5 Linggo Sari Baganti. 

 

Keywords: Pembelajaran Aktif , ETH, Result of Physics learning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22202/jrfes.2017.v4i1.2601


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Image result for logo google scholar   

  Find in a library with WorldCat

 

JRFES Visitors :

                   Flag Counter


LICENSED :

Creative Commons License
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by :

Physics Department

STKIP PGRI Sumatera Barat. Indonesia