MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN LAJU REAKSI

Abstract view : 15 times
PDF - 23 times

Abstract


Pendidikan modern lebih menitik beratkan pada aktivitas sejati, siswa belajar sambil bekerja. Keaktifan siswa sangat tergantung kepada dorongan atau motivasi yang timbul baik dari dalam diri maupun dari luar dirinya,  semakin tinggi dorongan yang timbul dalam diri seseorang akan semakin tinggi keaktifannya dalam belajar. Metode Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) merupakan suatu kegiatan belajar yang melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki suatu permasalahan secara sistematis, logis, analitis, sehingga dengan bimbingan dari guru mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya. Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui proses berfikir dalam penanaman konsep selama proses pembelajaran berlangsung. Pada penelitian ini digunakan LKS berbasis inquiry terbimbing dalam mempelajari laju reaksi. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan persentase keaktifan siswa dari 46,67% pada siklus I menjadi 62,67% pada siklus II.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22202/jrfes.2018.v5i1.2762


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Image result for logo google scholar   

  Find in a library with WorldCat

 

JRFES Visitors :

                   Flag Counter


LICENSED :

Creative Commons License
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by :

Physics Department

STKIP PGRI Sumatera Barat. Indonesia