PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIA

Abstract view : 48 times
PDF - 25 times

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar fisika siswa yang lebih rendah. Dalam penelitian ini mengaplikasikan model pembelajaran pencapaian konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran pencapaian konsep dengan memperhatikan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA di SMA N 1 Siberut Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan posttest only control group design. Populasi penelitian adalah kelas XI MIA di SMA N 1 Siberut Selatan. Interpretasi sampel pada teknik sampel cluster random. Kelas XI MIA 3 dipilih sebagai sampel percobaan dan kelas XI MIA 1 sebagai kontrol. Instrumen menggunakan tes esai dan lembar observasi aktivitas. Analisis data, sampel yang dikenal adalah normal dan homogen. Uji hipotesis dengan menggunakan t-test diperoleh t_count> t_table. Ini menyimpulkan rata-rata hasil belajar fisik siswa yang diajarkan oleh model pembelajaran pencapaian konsep adalah perbedaan dengan pembelajaran konvensional. Aktivitas siswa yang diperoleh kelas eksperimen adalah 63,26 yang lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep pada siswa hasil belajar fisika kelas XI MIA di SMA N 1 Siberut Selatan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22202/jrfes.2018.v5i1.2763


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Image result for logo google scholar   

  Find in a library with WorldCat

 

JRFES Visitors :

                   Flag Counter


LICENSED :

Creative Commons License
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by :

Physics Department

STKIP PGRI Sumatera Barat. Indonesia