Penerapan Data Mining Algoritma Apriori Dalam Sistem Informasi Penjualan

Abstract view : 164 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 76 times

Abstract


Di era perkembangan teknologi informasi yang kian pesat, sistem informasi merupakan salah satu faktor pendukung bagi sebuah instansi/perusahaan dalam mempermudah kegiatan operasionalnya, baik dalam penginputan dan pengolahan data, hingga menyediakan laporan maupun infornasi penting lainnya. Bagi pelaku dunia bisnis atau perdagangan, sistem informasi penjualan memiliki peran penting untuk mempermudah pencatatan transaksi penjualan, pencatatan stok barang, pelayanan penjualan kepada konsumen, sampai kepada pembuatan laporan penjualan, yang nantinya bisa dianalisa dan digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan barang. Bagi perusahaan skala besar dan menengah yang memiliki database pelanggan dan fitur produk yang cukup luas, dibutuhkan teknik atau metode untuk mengekstrak informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan keuntungan kompetitif dari keseluruhan database tersebut. Dengan adanya data mining dengan algoritma apriori, dapat dilihat kecenderungan konsumen dalam membeli barang, dapat diketahui pola penjualan yang digunakan untuk menganalisa pangsa pasar (market basket analysis).

Kata kunci: Algoritma Apriori; Data Mining; Market Basket Analysis; Sistem Informasi Penjualan


References


Abdulsalam, S. O. (2014). Data Mining in Market Basket Transaction : An Association Rule Mining Approach. International Journal of Applied Information Systems (IJAIS), 7(10), 15–20.

Bansal, D., & Bhambhu, L. (2013). Execution of APRIORI Algorithm of Data Mining Directed Towards Tumultuous Crimes Concerning Women. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 3(9), 54.

C, L. C. A. M. and, & D, A. K. (2012). Market Basket Analysis for a Supermarket based on Frequent Itemset Mining. International Journal of Computer Science Issues (IJCSI), 9(5), 257–264.

Gozali, L., Gunadhi, E., & Kurniawati, R. (2012). Perancangan sistem informasi penjualan buku pada pd. restu percetakan. Jurnal Algoritma, 9.

Jananto, A. (2012). Penggunaan Market Basket Analysis untuk Menentukan Pola Kompetensi Mahasiswa. Teknologi Informasi DINAMIK, 17(2), 82–89.

Kaur, H., & Singh, K. (2013). Market Basket Analysis of Sports Store using Association. International Journal of Recent Trends in Electrical & Electronics Engg., 3(1), 81–85.

Sanja Kurniawan & Siska Iriani. (2015). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Helm Pada Toko Helm Swaka Pacitan. IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security, 4(Bisnis Intelijen), 13–18.

Tampubolon, K., Saragih, H., Reza, B., Epicentrum, K., Asosiasi, A., & Apriori, A. (2013). Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan. Informasi Dan Teknologi Ilmiah, 93–106. https://doi.org/2339-210X

Yanto, R., & Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Citec Journal, 2, 102–113. https://doi.org/2354-5771




DOI: https://doi.org/10.22202/jei.2017.v3i2.1540


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Novia Lestari

                       

 

 

Visitors Counter EdikInformatika

Flag Counter