Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Karyawan Menggunakan Metode Profile Matching

Rahmadini Darwas

Abstract


Penempatan karyawan dengan dukungan sistem pendukung keputusan merupakan salah satu implementasi perkembangan teknologi informasi. Agar karyawan dapat melaksanakan tugas dan peran pada jabatan yang didudukinya secara tepat dan produktif, karyawan harus mempunyai bebeapa kriteria seperti pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku yang baik. Penempatan karyawan ini ditujukan guna menjaga keseimbangan antara tenaga kerja dengan komposisi pekerjaan atau jabatan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode profile matching, yaitu membandingkan antara nilai target yang harus dicapai karyawan dengan nilai yang dimiliki berdasarkan potensinya sehingga dihasilkan selisih antara perbandingan kedua nilai tersebut (gap). Penelitian ini menghasilkan urutan rangking dari karyawan yang memiliki kinerja baik dan telah diseleksi, serta output dari sistem pendukung keputusan tersebut dapat membantu pengambil keputusan dalam memilih alternatif penempatan karyawan. Software ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database menggunakan MySQL.

Kata Kunci : Sistem pendukung keputusan, profile matching,penempatan karyawan


References


Ananta, P.W. & Winiarti, S., 2013. MENGGUNAKAN METODE GAP KOMPETENSI. , 1, pp.574–583.

Ariantono, P.., Sudarma, M. & Mertasana, A., 2015. Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kenaikan Posisi Jabatan Pada Instansi Pemerintahan Dengan Metode Profile Matching. , 2(2), pp.38–43.

Firdaus, M.A. & Bardadi, A., 2010. Analisis Sistem Informasi Manajemen Perkuliahan pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya. , 2(2), pp.272–285.

Handojo, A. et al., 2003. PEMBUATAN APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PROSES KENAIKAN JABATAN DAN PERENCANAAN KARIR PADA PT . X Rachma Yunita. , 4(2), pp.98–106.

Kasus, S. et al., 2013. Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Menggunakan Metode Profile Matching. , pp.48–55.

Kusrini, 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Andi Offset.

Nanda, A. & Yani, R., 2016. PENGARUH PENEMPATAN KARYAWAN TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA ( Studi pada karyawan PT Perkebunan Nusantara X ( PG Watoetoelis ) Sidoarjo ),

Nuraini, C., Utama, D.N. & Bey, Z., 2011. Implementasi Analisis Gap untuk Sistem Pendukung Keputusan ( SPK ) Kenaikan Jabatan. , 4(1), pp.1–17.

Putri, N.E. & Saleh, T., 2016. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING PADA STMIK INDONESIA PADANG. , 9(1), pp.13–29.

Setiawati, I., Abdillah, G. & Hadiana, A., 2016. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENEMPATAN KARYAWAN BERDASARKAN TEST DOMINANT-INFLUENCE-STEADY-COMPLIANCE (DISC) MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING. , pp.25–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.22202/jei.2017.v3i2.1671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.