Aplikasi Pembayaran Administrasi Santri Terintegrasi SMS Gateway (Studi Kasus Pada PONPES Darussalam Dukuhwaluh)

Rizki Wahyudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Aplikasi pengolahan data administrasi santri yang terintegrasi SMS Gateway, Pengolahan data dalam proses pembayaran administrasi santri masih dilakukan secara konvensional menyebabkan beberapa permasalahan diantaranya terjadi redudansi data yang terdapat pada laporan pembayaran, kesulitan mencari arsip pembayaran yang sudah dilakukan santri, Agar aplikasi dapat dikembangkan dengan terukur, maka digunakan Metode pengembangan sistem model Waterfall dengan tahapan analisis, desain, pengodean, pengujian. Pengujian dilakukan dengan dua pendekatan Alpha Testing dan Beta Testing. Alpha Testing merupakan pengujian yang dilakukan di sisi pengembang untuk menguji fungsional sistem menggunakan metode Black box, hasil pengujian Alpha Testing semua fungsional sistem berfungsi dengan baik, dan Beta Testing dilakukan menggunakan metode kuesioner untuk menguji sistem pada pengguna akhir berkaitan dengan kelayakan aplikasi, di dapat prosentasi 95,5% pengguna setuju sistem telah layak di implementasikan.Kata kunci: Aplikasi, Pembayaran, Administrasi Santri, SMS Gateway, Waterfall.

Full Text:

PDF

References

Anshori, M., Yosi, A., Fibrian, I. D., & Zainal, M. (2008). Upaya Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan Menggunakan Teknologi Informasi : Rancang Bangun Sistem Informasi di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 2, 51–59. Retrieved from http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/register/article/view/547

Lutfi, A. A., & Wahyudi, R. (2017). Aplikasi Tracer Study Berbasis Website Responsive Pada Fakultas Pertanian Universitas Jendral Soedirman. Majalah Ilmiah INTI (Informasi Dan Teknologi Ilmiah), 13, 125–132.

Purwanto, T., & Wahyudi, R. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Berbasis Web Terintegrasi Barcode. Indonesian Journal on Networking and Security, 7(3), 3–7.

Rosa, A.S., dan Shalahudin, M. 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Rudiyanto, Arif. 2014. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Santri Berbasis Web Studi Kasus Pada PONPES Addainuriyah 2 Semarang. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/207561-analisis-dan-perancangan-sistem-informas.pdf

Saleh, Taufik. 2017. “Sistem Informasi Administrasi Keuangan Ma Ibrahimy Secang Kalipuro Banyuwangi”. Volume 3 No.1.

Wahyudi, R., & Aristantia, A. D. (2017). Aplikasi Pengolahan Data Pelanggaran Ssiswa Pada SMK Yayasan Pendidikan Teknologi 1 Purbalinggau Terintegrasi Dengan SMS Gateway. Telematika, 10(2), 62–75.

Wahyudi, R., Utami, E., & Arief, M. R. (2016). Sistem Pakar E-Tourism Pada Dinas Pariwisata D.I.Y Menggunakan Metode Forward Chaining, 17(2), 67–75.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.