PENGARUH PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN KETERAMPILAN SISWA TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 3 PADANG

Abstract view : 1253 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 716 times


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh praktek kerja industri (prakerin) terhadap keterampilan siswa (2) pengaruh praktek kerja industri dan keterempilan siswa terhadap kesiapan memesuki dunia kerja siswa admnistrasi perkantoran SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 3 Padang  yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014, berjumlah 77 orang yang telah mengikuti praktek kerja industri. Teknik penarikan sampel dengan proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) praktek kerja industri (prakerin) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan siswa administrasi perkantoran (3) praktek kerja idustri (prakerin) dan keterampilan siswa berpengaruh signifikan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja siswa administrasi perkantoran SMK Negeri 3 Padang. Dari hasil penelitian ini diharapkan pelaksanaan praktek kerja industri lebih ditingkatkan lagi sehingga siswa betul-betul dapat mengaplikasikan  kompetensi kejuruan yang mereka miliki dan meningkatkan keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa administrasi perkantoran dan siswa menjadi lebih siap untuk memasuki dunia kerja.


Keywords


Intrnship, The Skills Of Students, Work Readiness


DOI: https://doi.org/10.22202/economica.2015.v3.i2.255



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Economica: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat  has been covered by the following services:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Publish by STKIP PGRI Sumatera Barat


Statistik Economica: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat