ANALISIS FAKTOR FISIOLOGIS DAN MOTIVASI BELAJAR MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI KOTA PADANG

stevani vani

Abstract


Banyak faktor yang mempengaruhi Prestasi belajar siswa diantaranya ada faktor internal dan ada faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor jasmaniah (kesehatan dan cacat tubuh), faktor psikologis (intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan dan kesiapan) dan faktor kelelahan (kelelahan jasmani, kelelahan rohani), sedangkan faktor eksternal meliputi faktor keluarga (cara orang tua mendidik, relasi antaranggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua, dan latar belakang kebudayaan), faktor sekolah (metode mengajar guru, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, waktu sekolah, standar pelajaran di atas ukuran, keadaan gedung, metode belajar dan tugas rumah) dan faktor masyarakat (kegiatan siswa dalam masyarakat, mass media, teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat). Pada artikel ini membahas bagimana faktor fisiologis dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa khususnya di SMA N Kota Padang


Keywords


physiological factors, learning motivations and learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Agus Sujanto. 2001. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara

Arifin. 2005. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang

Astuti, T. (2010). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Payakumbuh, 1, 162–172.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran Jogjakarta : Ar-Ruzz Media Group

Dalyono M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B. Uno. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan. Ciputat: Gaung Persada

Oemar Hamalik.2008.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemauan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta Dahlia Press

Nana Sudjana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo

Sardiman A.M.2009.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sugiyanto,S.Pd.SD,S.Sos,M.Pd Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Ips. Nasional, S., Pgri, U., Sd, G., Kabupaten, M., & Yogyakarta, S. (2015).

Sumadi Suryabrata. 2014. Psikologi pendidikan. Jakarta: Grafindo Perkasa

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana, Nana.2001.Pengantar Statistik Pendidikan. Bandung : Tarsito

Sugiono,2009.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Bandung: CV Alfabeta

Suharsimi, Arikunto.2002.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.22202/economica.2018.v6.i2.2615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Jurnal Economica has been covered by the following services:

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Publish by STKIP PGRI Sumatera Barat 


Statistik Jurnal Economica