PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT, IKLIM KELAS, DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI.IS SMA NEGERI DI KABUPATEN TANAH DATAR

Abstract view : 280 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 298 times


Abstract


Artikel ini mengungkapkan sejauhmana: (1) pengaruh adversity quotient dan iklim kelas dengan kebiasaan belajar siswa kelas XI.IS SMAN di Tanah Datar (2) pengaruh adversity quotient, iklim kelas, dan kebiasaan belajar untuk prestasi siswa belajar ekonomi siswa kelas XI.IS SMAN di Tanah Datar. Ada 1.437 siswa bertindak sebagai populasi.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multi Stage Random Sampling. Ada 90 siswa yang diambil sebagai sampel penelitian. Data primer penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada responden, analisis data teknik teknik diterapkan analisis jalur. Hasil penelitian ini membuktikan adversity quotient, iklim kelas, berpengaruh signifikan terhadap kebiasaan belajar. Hal itu dibuktikan dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa nilai Fhitung = 47,795 di 0.000 sig <0,05. Hasil selanjutnya dari penelitian ini adalah adversity quotient, iklim kelas, dan kebiasaan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di kelas XI.IS SMAN di Tanah Datar. Dari hasil uji scarried keluar menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 25,879 di 0.000 sig <0,05.
Kata kunci : adversity quotient, iklim kelas, kebiasaan belajar, prestasi belajar.

Keywords


Pendidikan, perilaku belajar


DOI: https://doi.org/10.22202/economica.2015.v4.i1.263



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Economica has been covered by the following services:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Publish by STKIP PGRI Sumatera Barat


Statistik Jurnal Economica