UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEARNING START WITH QUESTIONS PADA MATA KULIAH HPHD MAHASISWA SESI 2016 A PROGRAM STUDI PENDIDKAN EKONOMI STKIP PGRI SUMBAR

jimi ronald

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi active learning metode learning start with questions dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah HPHD sesi 2016 A prodi pendidikan ekonomi STKIP PGRI SUMBAR., Strategi active learning metode learning start with questions dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata mata kuliah HPHD sesi 2016 A prodi pendidikan ekonomi STKIP PGRI SUMBAR. Hasil pembahasan Aktivitas mahasiswa dalam  proses belajar mengajar mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut tampak dari peningkatan aktivitas belajar mahasiswa berikut : Aktivitas mahasiswa yang memperhatikan penjelasan guru meningkat 11%, aktivitas mahasiswa membaca materi pelajaran meningkat 11%, aktivitas mahasiswa yang menulis pertanyaan meningkat 14%, aktivitas mahasiswa yang bertanya meningkat 15%, aktivitas mahasiswa aktif berdiskusi meningkat 15%, aktivitas mahasiswa menjawab pertanyaan meningkat 25%, aktivitas mahasiswa yang mendengarkan jawaban kelompok lain meningkat 13%, aktivitas mahasiswa menanggapi jawaban kelompok lain meningkat 15%, aktivitas mahasiswa mengikuti jalannya diskusi secara keseluruhan meningkat 9%, dan aktivitas mahasiswa menyimpulkan materi pelajran meningkat 16%. Meningkatnya aktivitas mahasiswa dalam  proses belajar mengajar berdampak terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Hal ini dapat didlihat dari peningkatan hasil belajar mahasiswa. Pada siklus I yaitu dari 45 orang mahasiswa, sebanyak 16 orang mahasiswa (sebesar 36%) belum tuntas dan yang sebanyak  29 orang mahasiswa (sebesar 64%) tuntas dengan rata-rata hasil belajar mahasiswa adalah 77. Sedangkan siklus II dari 45 orang mahasiswa sebanyak 6 orang mahasiswa (sebesar 13%) belum tuntas dan yang sebanyak  39 orang mahasiswa (sebesar 87%) tuntas dengan rata-rata hasil belajar mahasiswa adalah 84. Meningkatnya aktivitas dan hasil belajar mahasiswa tersebut karena diterapkannya metode learning start with questions di dalam proses belajar mengajar dan adanya pemberian reward dalam bentuk bonus nilai bagi mahasiswa yang aktif dalm proses belajar mengajar..

 



Keywords


Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar Dan Metode Learning Start With Questions

Full Text:

PDF

References


Arikunto, suharsimi. (2007). Evaluais Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

________________. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :Bumi Aksara

Bell, Margaret. (1991). Belajar Dan Membelajarkan. Jakarta : CV Rajawali

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hamalik, Oemar. (2000). Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung : PT Sinar Baru Algensindo

______________(2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT Bumi Aksara

______________(2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara

Ronald, J. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Power Pont Terhadap Hasil Belajar Materi Hukum Perusahaan Pada Mahasiswa 2014 Sesi F Pendidikan Ekonomi Stkip Pgri Sumbar. Economica, 5(1), 1–5. http://doi.org/10.22202/economica.2016.v5.i1.328

Ronald, J., Amelia, M., & Verawati, R. (2017). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI HUKUM DAGANG PADA MAHASISWA 2014 SESI F PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI SUMBAR. Economica, 5(2). http://doi.org/doi.org/10.22202/economica.2016.v5.i1.328

Ronald, J. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Power Pont Terhadap Hasil Belajar Materi Hukum Perusahaan Pada Mahasiswa 2014 Sesi F Pendidikan Ekonomi Stkip Pgri Sumbar. Economica, 5(1), 1–5. http://doi.org/10.22202/economica.2016.v5.i1.328

Ronald, J., Amelia, M., & Verawati, R. (2017). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI HUKUM DAGANG PADA MAHASISWA 2014 SESI F PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI SUMBAR. Economica, 5(2). http://doi.org/doi.org/10.22202/economica.2016.v5.i1.328

Mursell, J dan Nasution, S. (2002). Mengajar Dengan Sukses. Jakarta : PT Bumi Aksara

Rohani, Ahmadi dan Ahmadi, Abu. (1991). Pengelolaan Pengajaran.

Jakarta : PT Rieneka Cipta

Sagala, Syaiful. (2003). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV Alfabeta

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Silberman, Melvin. (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Mahasiswa Aktif. Bandung : Nusamedia

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta :Rineka Cipta

Soemanto, Wasty. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar-Mengajar. Bandung : PT Sinar Baru Algensindo

____________.(1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung :Rosdakarya

Sunaryo. (1989). Strategi Belajar-Mengajar Dalam Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan

Suparno, Suhaernah. (2000). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Dep Pendidikan Nasional

Suryosubroto. (1997). Proses Belajar-Mengajar Di Sekolah. Jakarta : PT Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.22202/economica.2018.v6.i2.2639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Jurnal Economica has been covered by the following services:

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Publish by STKIP PGRI Sumatera Barat 


Statistik Jurnal Economica