PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI SE-KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Abstract view : 43 times
PDF - 31 times


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah, 2 Pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah, 3) Pengaruh motivasi kerja dan Kepala Sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat kausatif. Populasi adalah seluruh guru SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah yang berjumlah 140 orang. Teknik pengambilan sampel proportional random sampling yaitu sebanyak 104 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan dan menguji hipotesis yang diajukan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Motivasi kerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah, 2 Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah, 3) Motivasi kerja dan Kepala Sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah.


Keywords


Motivasi kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Kinerja Guru.

Full Text:

PDF

DOI: https://doi.org/10.22202/economica.2019.v7.i2.3294



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Economica: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat  has been covered by the following services:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Publish by STKIP PGRI Sumatera Barat


Statistik Economica: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat