PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA PGRI 3 PADANG

Abstract view : 32 times
PDF - 19 times


Abstract


Saat ini terdapat beragam inovasi baru di dalam dunia pendidikan terutama pada proses pembelajaran. Salah satu inovasi tersebut adalah pendekatan konstruktivisme. Pemilihan pendekatan ini lebih dikarenakan agar pembelajaran membuat siswa antusias terhadap persoalan yang ada sehingga mereka mau mencoba memecahkan persoalannya. Pembelajaran di kelas X masih dominan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi langsung kepada benda-benda konkret. Di dalam kelas konstruktivisme, para siswa diberdayakan oleh pengetahuannya yang berada dalam diri mereka. Mereka berbagi strategi dan penyelesaian, debat antara satu dengan lainnya, berfikir secara kritis tentang cara terbaik untuk menyelesaikan setiap masalah.Guru bertugas sebagai fasilitator yang menciptakan kondisi dan sistuasi agar proses belajar dapat berlangsung efektif. Oleh karena itu, guru perlu mengupayakan inovasi dalam proses pembelajaran sehingga siswa terlibat penuh secara aktif dalam belajar dan dapat membangun pengetahuannya sendiri sehingga pengetahuan yang didapat lebih bermakna dan selalu diingat, mengingat pentingnya ekonomi sebagai ilmu dan bagi kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran ekonomi di SMA PGRI 3 Padang. Pembelajaran berdasarkan pendekatan konstruktivisme meliputi empat tahap, yaitu: (1) tahap persepsi, (2) tahap eksplorasi, (3) tahap diskusi dan penjelasan konsep, dan (4) tahap pengembangan dan aplikasi konsep.


Full Text:

PDF

DOI: https://doi.org/10.22202/economica.2019.v7.i2.654



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Economica: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat  has been covered by the following services:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Publish by STKIP PGRI Sumatera Barat


Statistik Economica: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat