KONTRIBUSI KEMAMPUAN MEMAHAMI CERPEN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PADANG

Abstract view : 259 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 223 times

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga hal sebagai berikut. Pertama, siswa tidak menyukai kegiatan menulis. Kedua, siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam menulis karya sastra termasuk cerpen. Ketiga,

 

 siswa jarang membaca karya sastra termasuk karya sastra cerpen. Keempat, kemampuan memahami bacaan siswa masih rendah. Kelima, kemampuan memahami cerpen siswa rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam menentukan dan memahami unsur-unsur cerpen.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memahami cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang dan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang, serta kontribusi kemampuan memahami cerpen terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang dengan sampel berjumlah 30 orang. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data memahami bacaan cerpen sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis cerpen.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan memahami cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang pada kualifikasi lebih dari cukup (75,33). Kedua, kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang berada pada kualifikasi cukup (63,33). Ketiga, terdapat kontribusi yang signifikan antara kemampuan memahami cerpen terhadap keterampilan menulis cerpen sebesar 61%.


Keywords


kontribusi, memahami cerpen, menulis cerpen

References


Aminuddin. 1991. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Keraf, Gorys. 1992. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Keraf, Gorys. 2005. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Semi, M. Atar. 1988. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Tarigan, Henry Guntur, dkk. 1990. Membaca dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1985. Membaca Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thahar, Harris Effendi. 2004. Menulis Kreatif Panduan Penulis Pemula. Padang: UNP Press.

(Kelas & Sman, 2013)Kelas, S., & Sman, X. I. (2013). Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen, 324–332.




DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i2.1101


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia