PENERAPAN TEKNIK PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI SISWA KELAS VIII SMP

Abstract view : 322 times
PDF - 166 times

Abstract


Kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Ganting masih rendah. Rendahnya kemampuan menulis surat resmi tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai surat resmi dan teknik mengajar yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil penerapan teknik pemodelan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Ganting. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.D SMP Negeri 1 Padang Ganting yang berjumlah 30 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data penelitian diperoleh dengan dua cara, yaitu nontes dari lembar observasi dan wawancara, serta tes menulis surat resmi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII.D SMP Negeri 1 Padang Ganting dalam menulis surat resmi. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes siswa pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus, nilai rata-rata tes menulis surat resmi siswa 46,4 dengan kualifikasi hampir cukup. Pada siklus I, nilai rata-rata tes siswa meningkat menjadi 69,4 dengan kualifikasi lebih dari cukup. Pada siklus II, nilai rata-rata tes siswa juga mengalami peningkatan menjadi 81,7 dengan kualifikasi baik.


Keywords


penerapan, teknik pemodelan, surat resmi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas. 2006. Standar Isi Kurikulum 2006: untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kemal, I. (2013). Kemampuan Menulis Surat Dinas. Metamorfosa, I(1), 1–10.

Kusubakti Adajani. (2009). Penerapan Strategi Kooperatif-Kolaboratif dalam Pembelajaran Menulis Surat Resmi Siswa SMA. Litera, 8(2), 131–145.

Nuariasandi, B. S. (2013). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI TEKNIK PEMODELAN SISWA KELAS VI SDN NGRAMBE 2 NGRAMBE NGAWI. NOSI, 1(2), 135–146.

Susilana, R. (2002). PENELITIAN TINDAKAN KELAS.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: PT BPFE.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Tarigan, Jago dan Hendry Guntur Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i2.1200


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia