PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA N 1 PAINAN

Abstract view : 175 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 122 times

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa SMA N I Painan dalam menulis cerpen. Hal itu disebabkan kurang terampilnya dalam mengungkapkan ide dan pembelajaran yang dilakukan secara monoton. Tujuan penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan karangan menulis cerpen siswa kelas X SMA N 1 Painan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data dengan cara melakukan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan hal berikut. Pertama, kemampuan menulis cerpen siswa  kelas X SMA N 1 Painan  tanpa menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) memperoleh nilai rata-rata sebesar 60,25 pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup. Kedua, kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA N 1 Painan dengan menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,50 pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA N 1 Painan karena >  yaitu 4,25 > 1,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik Think Talk Write (TTW) baik digunakan dalam menulis cerpen.


Keywords


Pengaruh, TTW, menulis cerpen, SMA N 1 Painan

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakata: Rineka Cipta.

Badrun, Ahmad. 1983. Pengantar Ilmu Sastra. Surabaya: Usaha Nasional .

Elida, Nunun. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (ttw)” 1 (2): 178–85.

Muhardi dan Hasanuddin WS. 1992. Prosedur Analisis Fiksi. Padang: IKIP. Padang Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 1995 Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Semi, M Atar.1998. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wahyuni, Hj Eny. 2015. “Lingua , 12(2): 232-240.” 12 (2): 232–40.




DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i1.1225


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia