PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK

Dina Ramadhanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis narasi ekspositoris. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan sampel berjumlah 34 orang siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Data penelitian diperoleh dengan cara pengamatan aktivitas belajar dan tes unjuk kerja menulis narasi ekspositoris. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes siswa pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus, nilai rata-rata siswa 52,82 dengan kualifikasi hampir sedang. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa 69,96 dengan kualifikasi cukup. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa 78,80 dengan kualifikasi baik. Persentase kenaikan nilai rata-rata siswa dari prasiklus ke siklus I sebesar 17,14%. Persentase kenaikan nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 8,84%. Selain meningkatkan keterampilan menulis narasi ekspositoris, model pembelajaran ini juga meningkatkan sikap dan perilaku positif siswa dalam proses belajar mengajar.


Keywords


Kooperatif, CIRC, Narasi Ekspositoris

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti. 1992. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ahmad, O., Fatirul, N., & Pd, D. S. T. M. (1989). Cooperative learning, 1–80.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Keraf, Gorys. 1991. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.

Malladewi, Merrina Andy. (2014). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS MELALUI JURNAL PRIBADI SISWA KELAS IV DI SD NEGERI BALASKLUMPRIK I/434 SURABAYA.

Nur, Mohammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Semi, Atar. 2009. Menulis Efektif. Padang: UNP Press.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.22202/jg.2017.v3i1.1230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Statistik Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia