PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENTDIVISION) SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK TERPADU ISMAILIYAH RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU

Abstract view : 97 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 213 times

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan  proses pembelajaran keterampilan  menulis karangan eksposisi pada siswa, (2)  peningkatan hasil keterampilan menulis karangan  eksposisi  melalui pembelajaran Kooperatif  Tipe STAD (Student Team Achievement Division) siswa kelas X Akuntansi SMK  Terpadu Ismailiyah Rambah Hilir. Sumber  data diperoleh secara kualitatif  dari lembar observasi, catatan  lapangan, dan kuisioner;  secara kuantitatif diperoleh dari tes unjuk kerja menulis karangan eksposisi siswa yang berjumlah 25 orang. Ditemukan peningkatan dalam proses pembelajaran berupa peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran  menulis karangan eksposisi  melalui  pembelajaran  kooperatif  tipe STAD pada siklus I dan  II adalah mahasiswa lebih antusias dalam memahami materi karangan eksposisi, mahasiswa  lebih aktif dalam memberikan pertanyaan dan jawaban dalam pembelajaran, mahasiswa lebih aktif menemukan dan berpikir kritis dalam  pemecahan masalah  melalui diskusi, meningkatnya ketekunan siswa dalam berdiskusi kelompok, serta siswa tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.  Peningkatan hasil keterampilan menulis karangan eksposisi siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siklus I dan II adalah terjadi peningkatan hasil keterampilan menulis karangan eksposisi siswa dinilai berdasarkan indikator penilaian yaitu perumusan judul, pemaparan, kesatupaduan, keterpautan, ketegasan, dan peggunaan EyD. Peningkatan hasil keterampilan menulis karangan eksposisi siswa dengan nilai rata-rata adalah  15.96 prasiklus , 18.84  siklus I, dan 20 pada siklus II.


Keywords


peningkatan, keterampilan menulis eksposisi, kooperatif tipe STAD

References


Arianti, R. (2017). Kemampuan Siswa Kelas VII.D SMP Negeri 6 Gunung Talang dalam Menulis Puisi dengan Teknik Pemodelan ; Penelitian Tindakan Kelas. Pendidikan Rokania, II(1), 109–118.

Ahmadi, dkk. 1981. Komposisi Bahasa Indonesia Buku I. Malang: Proyek P3T IKIP Malang.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penilaian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Asma, Nur. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP Press.

Nurgiantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Parera. 1993. Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Erlangga.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slavin., Robert 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa

Trianto. 2010. Pengantar Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Tatalia, R. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Panti. JURNAL GRAMATIKA, 3(1), 59–73.




DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.1890


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia