Pengembangan buku Ajar Menulis Sastra Yang Berorientasi Pada Pembentukan Karakter Siswa

agung nasrulloh nasrulloh

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan buku ajar menulis sastra yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa kelas  VIII SMP.. Buku sastra yang dibahas dalam penelitian ini adalah menulis  cerpen dan  menulis puisi. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model tahapan Borg dan Gall. Tahapan tersebut terdiri atas sepuluh tahap pengembangan, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, tahap perencanaan, tahap pengembangan format produksi awal, tahap uji coba awal, tahap revisi produk, tahap uji coba lapangan, tahap revisi produk, tahap uji lapangan, tahap revisi produk akhir, dan desiminasi dan implementasi. Dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap revisi produk akhir tanpa menyertakan tahap desiminasi dan implementasi karena keterbatasan waktu penelitian. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan dan kualitas buku ajar menulis sastra yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa. Sedangkan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Se-Kabupaten Ngawi.Penelitian kali ini merupakan penelitian pengembangan karena berusaha mengembangkan buku ajar. Hasil proses pengembangan buku ajar ditunjukkan pada tahap-tahap sebagai berikut. Validasi buku ajar dinilai oleh dua validator, hasil validasi menunjukkan bahwa buku ajar termasuk dalam kategori baik karena persentase ≥ 75%, hasil uji coba awal diujicobakan secara terbatas pada tujuh siswa kelas VIII dihasilkan angket siswa, wawancara guru, dan observasi pengamat. Dari hasil uji coba lapangan dihasilkan nilai siswa dalam menulis sastra menghasilkan nilai rata-rata siswa 80. Kualitas buku ajar menulis menulis sastra yang berorientasi pada pembentukan karakter berdasarkan penilaian validator menyebutkan bahwa buku ajar tersebut  termasuk dalam kategori berkualitas karena persentasenya ≥ 61%. Jadi dapat disimpulkan bahwa buku ajar menulis menulis sastra yang berorientasi pada pembentukan karakter layak digunakan sebagai buku ajar menulis sastra kelas VIII SMP.

 


 


Keywords


Pengembangan, Kualitas Buku Ajar, Menulis Sastra,dan Karakter Siswa

References


Cahyono, Bambang Eko Hari dan Panji Kuncoro Hadi. 2006. Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek Dengan Strategi Tanggapan Dan Penggambaran Strategi Tanggapan dan Penggambaran Ulang (STPU) Pada Mahasiswa PBSI IKIP PGRI Madiun. Madiun: Jurnal Pendidkan. Vol. 12, No 2: 208- 226.

Khan, Yahya. 2010. Pendidikan karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosida Karya.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Widyaningrum, Heny Kusuma dan Fauzatul Ma’rufah Rahmanumeta. 2016. Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Kreativitas Siswa Di Masa Depan. Madiun: Proceedings Internasional Seminar Faculty of Education (FoE). Volume 1, Mei 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Statistik Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia