PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MAHAMIMPI ANAK NEGERI KARYA SUYATNA PAMUNGKAS TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA

Abstract view : 203 times
PDF - 101 times

Abstract


Abstrak:

Novel dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan pembelajaran. Khususnya pendidikan karakter. Psikologi sastra dapat digunakan untuk memahami pendidikan karakter yang terkandung dalam novel. Tujuan penelitian ini pertama, menggambarkan struktur yang membangun novel Mahamimpi Anak Negeri. Kedua, menjelaskan pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Mahamimpi Anak Negeri. Bentuk penelitian ini adalah kualitatifdeskriptif dengan pendekatan konten analisis. Data penelitian ini adalah wacana atau kutipan dalam novel. Teknik analisis menggunakan teknik analisis non-interaktif dengan melakukan pembacaan hermeneutik digunakan untuk menjelaskan secara rinci arti dalam bentuk kebahasaan terhadap wacana dalam novel Mahamimpi Anak Negeri. Hasil penelitian ini pertama, struktur pembangun novel Mahamimpi Anak Negeri ini, yaitu tema: perjuangan; alur: campuran; penokohan: Tegar, Darwin, Elang (aku), Waris, Senja, dan Paman Jono; latar: Bukit Bayur, Wogen Legok, rumah paman Wijaya, Purwokerto, kandang sapi, Universitas Gajah Mada, jakarta, dan Sttgart; dan sudut pandang orang pertama. Kedua, berdasarkan hasil analisis ditemukan 18 pendidikan karakter di dalam novel Mahamimpi Anak Negeri yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tau, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab.

Kata Kunci: pendidikan karakter, novel Mahamimpi Anak negeri, Psikologi Sastra


Keywords


Kata Kunci: pendidikan karakter, novel Mahamimpi Anak negeri, Psikologi Sastra

Full Text:

PDF

References


Edi dalam Wibowo. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Internalisasi Nilai-nilai Karakter Melalui Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irfadila, M. S. (2015). Hubungan Strategi Membaca dengan Kemampuan Memahami Teks Bacaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSB Padangpanjang. Jurnal Gramatika, 1(1), 57–71.

Isnanda, R. Gusnetti, S. (2015). Struktur dan Nilai-nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatra Barat. Jurnal Gramatika, 1(2), 183–192.

Isnanda, R. (2015). Peran Pengajaran Sastra dan Budaya dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gramatika, 1(2), 174–182.

Kemdiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Kesuma, C. T. & J. P. (2012). No Title Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. bandung: Remaja Rosdakarya.

Kosasih, E. & S. (2013). Dasar-Dasar Ketrampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Minderop, A. (2013). Psikologi Sastra Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati. (2012). Pengantar Ringkas Teori Sastra. Yogyakarta: Media Perkasa.

Odeh, A. (2011). Father Figures in the Novels of Jane Austen. Journal English Language Teaching, 4(2), 35–45.

Pamungkas, S. (2013). Mahamimpi Anak Negeri. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Septia, E. (2016). Erotis dan Gaya Penceritaan dalam Kumpulan Cerpen Karya Djenar Maesa Ayu. Jurnal Gramatika, 2(2), 101–117.

Sidhu, G. K. dan C. Y. F. (2010). Instructional Practices in Teaching Literature: Observations of ESL Classrooms in Malaysia. Journal English Language Teaching, 3(2), 54–63.

Stanton, R. (2007). Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutopo, H. B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.

Syofiani. dan Yetty, M. (2015). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukit Tinggi. Jurnal Gramatika, 1(2), 141–152.

Wahyuningtyas, Sri. & Wijaya, H, S. (2011). Sastra: Teori dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yanda, D. P. (2016). Konflik Batin Tokoh Zahrana Karya Habiburrahman Elshirazy. Jurnal Gramatika, 1(1), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2412


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia