DIKSI KONOTATIF DALAM PUISI-PUISI SUBAGIO SASTROWARDOYO DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA

Abstract view : 263 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 276 times

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan makna diksi konotatif dalam puisi-puisi Subagio Sastrowardoyo dan pemanfaatanya  sebagai sarana pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis konten. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan stilistiika. Dari penelitian yang telah dilakukan ditemukan diksi yang mengandung makna yang mengekspresikan jiwa religiusitas, mengekspresikan perasaan cinta, dan mengekpresikan jiwa kemanusiaan (kepedulian sosial). Pemahaman tentang diksi konotatif dalam puisi-puisi Subagio Sastrowardoyo relevan diimplementasikan dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA yang meliputi pengetahuan menganalisis dan menulis puisi.  Analisis kata-kata yang bersifat simbolis dan bermakna konotatif ini dapat dilakukan melalui kajian stilistika.

Kata kunci: diksi, puisi, stilistika, pembelajaran


Keywords


Kata kunci: diksi, puisi, stilistika, pembelajaran

References


Endraswara, Suwardi. (2013). Teori Kritik Sastra, Prinsip, Falsafah, dan Penerapan. Yogyakarta: CAPS.

___________________. (2016). Metodologi Penelitian Ekologi Sastra, Konsep, Langkah, dan Penerapan. Jakarta: CAPS.

Harjono, Nyoto. (2012). Kajian Stilistika Puisi-puisi Chairil Anwar Sebagai Sarana Pembelajaran Apresiasi Sastra. Jurnal Scholaria. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 2 .1.Januari 22-38.

Hasanuddin WS. 2002. Membaca dan Menilai Sajak. Bandung: Angkasa.

Keraf, Gorys. (2017). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Grramedia: Pustaka Utama.

Laila, Aruna. (2016). Gaya Bahasa Perbandingan dalam Kumpulan Puisi Melihat Api Bekerja Karya M.Aan Mansyur. Jurnal Gramatika. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 2. i2 (146-163).

Moleong, Loxy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Nurgiyantoro, Burhan. (2014). Stilistka. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nuryatin, Agus & Irawati, Retno Purnomo. (2016). Pembelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

O’halloran, Kieran. (2012). Performance stylistic: Deleuze and Guattri, poetry and (corpus) linguistics”. International Journal of English Studies. Volume 12. No 2. 177-199.

Pradopo, Rachmad Djoko. (2013). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, Dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

____________________. (2014). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Saputro, Nasrulloh Agung (2017). Pengembangan Buku Ajar Menulis Sastra yang Beroreantasi Pada Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Gramatika. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. V3.i2 (183-193)

Sari, Wahyuni Asri & Yanda, Permata Dian. (2016). Kontribusi Minat Baca Puisi dan Penguasaan Gaya Bahasa Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siaswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Jurnal Gramatika. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. V2.i2 (179-193).

Sastrowardoyo, Subagio. (1999). Simfoni Dua. Jakarta: Balai Pustaka.

Semi, Atar. (1993). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Siswantoro. (2005). Metode Penelitian Sastra, Analisis Psikologi. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Sutopo, H.B. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Teeuw. (2009). Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.

Waluyo, J. Herman. (2002). Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia.

Yeibo, Ebi. (2011). A Discourse-Styilistic Analysis of Mood Structure in Selected Poem O J.P Clark-Bekederemo. International Journal of Humanities Social Science. Vol. 1 No. 16. 197-203.

Yunanta, Elsa ( 2013)“Telaah Stilistika dalam Syair Burung Pungguk”. Jurnal Nasional. Universitas Riau.




DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2460


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia