DEVELOPMENT OF THE ENRICHMENT BOOK HIGH VALUE OF HUMANIS CONSERVATION IN WRITING TEXT DRAMA JUNIOR HIGH SCHOOL (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERMUATAN NILAI KONSERVASI HUMANIS DALAM MENULIS TEKS DRAMA SMP)

Abstract view : 193 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 76 times


Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik kebutuhan buku pengayaan menulis teks drama, mendeskripsikan pengembangan buku pengayaan, mendeskripsikan penilaian ahli terhadap buku pengayaan. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) dengan lima tahapan penelitian. Prototipe dari buku pengayaan menulis teks drama adalah sampul buku, bagian awal buku (halaman judul, halaman hak cipta, pengantar, daftar isi, halaman persembahan, petunjuk penggunaan buku), bagian isi buku (contoh teks drama, materi, contoh menulis teks drama, rangkuman), dan bagian akhir buku (glosarium, profil penulis, profil ilustrator, daftar pustaka). Hasil penelitian yang berupa produk buku pengayaan bermuatan nilai konservasi humanis dalam pembelajaran menulis teks drama satu babak dapat digunakan sebagai buku pendamping buku teks.

 

Kata kunci: buku pengayaan, menulis, teks drama, nilai konservasi humanis.

 

ABSTRACT

The objective of this study was to describe the characteristics of the need for the enrichment book in writing drama texts, to describe the development of the enrichment book, and describe the experts’ evaluation towards the enrichment book. This research used Research and Development (R&D) design with five research stages. The prototype of the enrichment book is the book cover, the beginning of the book (title page, copyright page, table of contents, dedication page, instructions on the book usage), the book content (examples of drama texts, materials, examples of writing drama texts, summary), and the final part of the book (glossary, author profile, illustrator profile, bibliography). The result of this study in the form of enrichment book high value of humanis conservation in learning writing text drama one roof can be used as a supporting book for the textbook.

 

Keywords: enrichment book, writing, drama texts, values of humanist conservation


Keywords


Pengembangan buku pengayaan

References


Ashton-Hay, S. 2005. Drama: Engaging All Learning Styles. Proceedings of 9th INGED (Turkish English Education Association) International Conference, 1–19. Retrieved from http://eprints.qut.edu.au

Burhanuddin, Ahmad. 2017. Pengembangan Buku Pengayaan Menyusun Teks Eksplanasi Sosial Budaya Masyarakat Pesisir Bermuatan Nilai Humanistik untuk Peserta Didik SMP. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Chauhan, V. 2004. Drama Techniques for Teaching English. The Internet TESL Journal.

Fahmy, Z., Nuryatin, A., & Artikel, I. 2015. Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Nilai Budaya untuk Siswa SMP Info Artikel, 4(2), 86–93.

Hartono, Bambang. 2016. Dasar-Dasar Kajian Buku Teks Konsep Dasar, Pemilihan, Pemanfaatan, Penilaian, dan Penulisan Materi Ajarnya. Semarang: UNNES Press.

Heyward, P. 2010. Emotional Engagement Through Drama: Strategies to Assist Learning through Role-Play. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 22(2), 197–203. Retrieved from http://www.isetl.org/ijtlhe/articleView.cfm?id=751

Imani, Ratna. 2013. Pengembangan Buku Panduan Menulis Teks Drama Berbahasa Jawa untuk Meningkatkan Kemampuan Ekspresi Sastra pada Siswa SMA. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Kemendikbud. 2014. Instrumen A-1 Penyaringan Buku Nonteks Pelajaran. Jakarta: Kemendikbud.

_____. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) bahada Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Kosasih, E. 2008. Ensiklopedia Sastra Indonesia. Jakarta: PT. Edumedia

Machali, I. 2014. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Mahsun. 2013. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nuryatin, dkk. 2016. Buku Panduan Pilar Humanis Universitas Konservasi. UNNES.

Pujiono, Setyawan. 2014. Kesiapan Guru Bahasa Indonesia SMP dalam Implementasi Kurikulum 2013. LITERA. Volume 13. Nomor 2.

Purnomo, P., & Zulaeha, I. 2015. Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Eksposisi Bermuatan Nilai-Nilai. Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 118–124.

Rediati, Ana. 2015. Pengembangan Buku Pengayaan Cara Menulis Teks Penjelasan Bermuatan Nilai Budaya Lokal untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: SELOKA 4.

Abdulfatah, M. R., Teguh Widodo, S., & Rohmadi, M. 2018. “Pendidikan Karakter Dalam Novel Mahamimpi Anak Negeri Karya Suyatna Pamungkas Tinjauan Psikologi Sastra”. Jurnal Gramatika Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia V4.i1 (12-23) 12. https://doi.org/10.22202/JG.2018.V4i1.2412

Toivanen, T., Halkilahti, L., & Ruismäki, H. 2013. Creative pedagogy - Supporting children’s creativity through drama. The European Journal of Social & Behavioural Sciences, 1168–1179.

Saputro, A. N. 2017. “Pengembangan Buku Ajar Menulis Sastra yang Berorientasi pada Pembentukan Karakter Siswa”. Jurnal Gramatika, 3(2), 183–193. https://doi.org/10.22202/JG.2017.V3i2.2024

Septarianto dan Subyantoro. 2016. Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi yang Bermuatan Kearifan Lokal untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: SELOKA 5 (2).

Subyantoro dan Prasetyo Yuli Kurniawan. 2016. “Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Prosedur Kompleks yang Bermuatan Nilai-Nilai Kewirausahaan”. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: SELOKA 5.

Suherli. 2003. Menulis Buku Pengayaan. http://www.ifla.org.sg/VIIs11/pubs (diakses tanggal 17 Mei 2017).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Suryaman, Maman. 2010. Penggunaan Bahasa di dalam Penulisan Buku Nonteks Pelajaran. Yogyakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sutiyono. 2012. Reposisi Pendidikan Seni Sebagai Sentra Pembentukan Insan Humanis. Cakrawala Pendidikan, XXXI(1), 157–169.

Syarif, S. K. 2005. Merajut Manajemen Negara dalam Bingkai Nasionalisme Humanis Diskursus perjalanan Nasionalisme Indo, 331–340.

Nuryatin, A., & Artikel, I. 2015. Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Yang Bermuatan Kearifan Lokal Bagi Peserta Didik Kelas XI SMA Info Artikel, 4(2), 102–110.

Syukron, Subyantoro dan Tommi Yuniawan. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama dengan Metode Picture and Picture. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Halaman 50.



DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i2.2645



Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia