STYLES OF REPETITION AND COMPARISON MORAL MESSAGE IN KOPLO GENER DANGDUT SONG (GAYA BAHASA REPETISI DAN PERBANDINGAN SERTA PESAN MORAL PADA LIRIK LAGU GENRE DANGDUT KOPLO)

Abstract view : 260 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 114 times


Abstract


Abstrak

Musik dangdut sebagai salah satu kesenian budaya bangsa kini semakin menunjukkan eksistensinya. Salah satu yang membuat musik dangdut koplo menjadi eksis adalah melalui lirik laguna dengan menggunakan bahasa merakyat dan humor. Lirik yang beraliran sebagai bentuk representasi perasaan telah mampu memikat hati pendengar tersaji menggunakan gaya bahasa yang tersusun apik. Pengunaan Gaya bahasa yang digunakan dalam menyajikan lirik lagu, dapat memberikan efek tersendiri pada pekerjaan. Pengunaan gaya bahasa dalam karya sastra selain membuat karya menjadi lebih indah, juga membuat karya sastra. Penggunaan gaya bahasa dalam lirik lagu dangdut koplo lebih menekankan pada gaya bahasa dan repetisi. Kedua gaya bahasa itu dapat di temukan dalam setiap lagu-lagu dangdut yang dipopulerkan oleh Via Vallen dan Nella Kharisma. Melalui gaya bahasa, mejadikan pesan moral yang disamapaikan penyair menjadi lebih mudah di pahami oleh penikmat musik dangdut koplo. Untuk itu dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan gaya bahasa dan repetisi dalam lirik lagu dangdut koplo serta pesan moral yang berisi dalam lirik lagu-lagu tersebut.

Kata kunci: dangdut koplo, gaya bahasa, pesan moral

Abstrak

Musik dangdut sebagai salah satu seni budaya bangsa kini semakin menunjukkan eksistensinya. Salah satu yang membuat dangdut koplo musik semakin ada adalah melalui lirik lagu dengan menggunakan bahasa kerakyatan dan humor sehingga dapat dinikmati dan dipahami oleh semua lapisan masyarakat. Lirik yang diciptakan oleh penyair sebagai bentuk representasi perasaan telah mampu memikat hati pendengar dengan gaya yang ditata dengan baik. Penggunaan gaya bahasa yang digunakan oleh penyair dalam menciptakan lirik lagu, dapat memberikan efek tersendiri pada sebuah karya. Penggunaan gaya bahasa dalam karya sastra selain membuat karya sastra menjadi lebih indah, juga membuat karakteristik tertentu dalam karya sastra. Penggunaan gaya bahasa pada lirik lagu dangdut koplo lebih menekankan pada gaya bahasa dan pengulangan perbandingan. Kedua bahasa dapat ditemukan di setiap lagu dangdut yang dipopulerkan oleh Via Vallen dan Nella Kharisma. Melalui gaya bahasa, membuat pesan moral yang disamapaikan penyair menjadi lebih mudah dipahami oleh pecinta musik dangdut koplo. Untuk itu dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa perbandingan dan pengulangan dalam lirik lagu dangdut koplo serta pesan moral yang terkandung dalam lirik lagu-lagu tersebut.

Kata kunci: dangdut koplo, gaya bahasa, pesan moral


Keywords


gaya bahsasa

References


Afrinda, D. P. (2017). Sarkasme Dalam Lirik Lagu Dangdut Kekinian (Kajian Semantik). Gramatika, Vol. 2, No. 2, September 2016

Arifin, F. (2017). Citra Perempuan Dalam Lirik Lagu Kimcil Kepolen Karya Ndx Aka Familia Dalam Perspektif Linguistik Kognitif. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, Vol. 9, No. 2, November 2017.

keraf, G. (1999). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kharisma, N. (2016). Konco Mesra. Diakses pada Agustus 27, 2018, dalam https://www.youtube.com/watch?v=7j3xw0ytlcY

Kharisma, N. (2017). Ditinggal Rabi (Official Music Video). diakses pada Agustus 26, 2018, dalam https://www.youtube.com/watch?v=eyv0m2EMUdU&t=61s

Kharisma, N. (2017). Jaran goyang [Official Video HD]. Diakses pada Agustus 14, 2018, dalam https://www.youtube.com/watch?v=8nA-apwq0aY

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noor, R., & Joko, santoso. (2017). Pemakaian Majas Dalam Novel Anak Semua Bangsa Karya Pramoedya Ananta Toer : Studi Stilistika. Caraka, Vol. 3, No. 2, Juni 2017.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pradopo, R. J. (2012). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Raditya, M. H. (2017). Pertarungan Identitas Dangdut dan Dangdut koplo. diakses pada Juni 27, 2918, dalam https://jurnalruang.com/read/1502688097-pertarungan-identitas-dangdut-dan-dangdut-koplo

Ratna, N. K. (2013). Stilistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_________. (2017). Estetika Sastra dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Satoto, S. (2012). Stilistika. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadiria, A. H. (2006). Bahasa Jurnalistik: Panduan Praktis Penulisan dan Jurnalis. Bandung: Simbosia Rekatama Media.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.

___________. (2009). Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Vallen, V. (2016). Kimcil Kepolen (Official Music Video). Diakses pada Agustus 17, 2018, dalam https://www.youtube.com/watch?v=S1AYujZOQzk

Vallen, V. (2017). Via Vallen - Sayang (Official Music Video). Diakses pada Juni 6, 2018, dalam https://www.youtube.com/watch?v=UtjFu8c_goE

Vallen, V., & Pendhoza. (2017). Aku Cah Kerjo [OFFICIAL]. Diakses pada Agustus 27, 2018, dalam https://www.youtube.com/watch?v=jdm4S2AQ8_k

Yuwono, H. (2016). Musik Dangdut Dalam Kehiduoan masyarakat Indonesia. diakses pada Juni 27, 2018, dalam https://newswantara.com/sosial/musik-dangdut-dalam-kehidupan-masyarakat-indonesia



DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i2.2687



Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia