THE USE OF CONJUNCTIONS IN STUDENTING FKIP STUDENTS ON EDUCATIONAL EDUCATION STUDENT DEVELOPMENT IN UMMY SOLOK (PENGGUNAAN KONJUNGTOR DALAM MAKALAH MAHASISWA FKIP PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK UMMY SOLOK)

  • Mega Putri (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok)
Abstract view : 99 times
PDF - 40 times

Abstract


 

Abstrak

 

This research is motivated by several things, among others: writing is one form of work that is often written by students. the resulting work must be in accordance with good grammar. Basically, it is often encountered in student performance, not in accordance with the correct grammar. The developed sentence has not seen cohesion and coherence between paragraphs. Cohesion and Correction are needed in writing so that the meaning conveyed by the author is understood by the reader. The cohesion and the korehensi of a sentence are inseparable from the use of non-language words like conjuncers. The purpose of this research is to describe the type of conjunctor in student paper FKIP UMMY Solok. The type of this research is qualitative research using descriptive method, with the following steps (1) reading data in the form of student papers, (2) providing encoding by circling and giving special code such as giving data number, (3) reporting all data which has been encoded, (4) language data according to the function of each conjunctor, (6) make concise recommendations and. Based on data analysis, the total number of conjunctors used in student papers is 104 data. From the data it can be concluded that the students have not varied in using conjunctor. They use conjunctors for, because in PPD courses that are associated with participants who not only include the concepts, but also the benefits of each material contained in the paper.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal antara lain: karya tulis ilmiah merupakan salah satu bentuk karya yang sering ditulis mahasiswa. Karya yang dihasilkan haruslah sesuai dengan kaedah tata Bahasa yang baik. Pada kenyataannya, sering ditemui dalam penulisan tugas mahasiswa, tidak sesuai dengan tata bahasa yang benar. Kalimat yang dikembangkan belum memperlihatkan kohesi dan koherensi antar paragraf. Padahal kohesi dan korensi sangat dibutuhkan dalam menulis agar makna yang disampaikan oleh penulis dalam dipahami oleh pembaca. Kohesi dan korehensi sebuah kalimat tidak terlepas dari pemanfaatan unsur-unsur bahasa seperti konjungtor. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis konjungtor dalam makalah mahasiswa FKIP UMMY Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) membaca data yang berupa makalah mahasiswa, (2) memberi pengkodean dengan cara melingkari dan memberikan kode khusus seperti memberikan nomor data, (3) mencatat semua data yang telah diberi pengkodean, (4) membahasa data sesuai dengan fungsi masing-masing konjungtor, (6) membuat kesimpulan dan saran. Berdasarkan hasil analisis data, secara keseluruhan jumlah konjungtor yang digunakan dalam makalah mahasiswa sebanyak 104 data. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa belum bervariasinya mahasiswa dalam menggunakan konjungtor. Mereka cenderung menggunakan konjungtor untuk, karena pada mata kuliah PPD yang berhubungan dengan peserta didik sehingga makalahnya tersebut tidak saja berisi konsep-konsep, tetapi juga manfaat dari masing-masing materi yang dijelaskan dalam makalah tersebut.

 

Keywords: Konjungtor, Makalah, UMMY SOLOK


Keywords


Konjungtor, Makalah, UMMY SOLOK, bahasa indonesia

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti, dkk. 2003. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Ayu, Z. Soraya. 2014. Penggunaan Konjungtor Pada Kumpulan Cerpen Milana Karya Bernard Batubara dan Pembelajarannya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). 1-14.

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia; Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwinuryati, Y. (2017). Studi Kasus Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 203-215.

Gani, Erizal. 2013. Menulis Karya Ilmiah. Padang: UNP Press.

Hendriyanto, Agoes. 2013. Menulis Ilmiah: Teori dan Praktik. Surakarta: Pelangi Press.

Mahmudi. 2013. Penuntun Penulisan Karangan Ilmiah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Moleong. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mussafak.2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Pengambil Matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM Semester II 2012 dengan Strategi Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Humaniora. V1.no.4. 354-366.

Keraf, Gorys. 1993. Komposisi; Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende Fores: Nusa Indah

Khoeri, Ahmad. 2015. Apa Bedanya Mahasiswa dan Siswa. https://www.kompasiana.com/ahmad_khoeri/55efdb9c8f7a61f314985933/apa-bedanya-mahasiswa-dan-siswa di unduh tgl 20 Juni 2018.

Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ramadhanti, D. (2015). Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Karya Ilmiah Siswa: Aplikasi Semantik Studi Kasus Siswa Kelas XI Smk Negeri 2 Lembah Gumanti. Jurnal Gramatika, 1(2).

Ramlan. 1987. Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sugono, Dendi. 1987. Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspaswa.




DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i2.2697


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia