INDONESIAN LANGUAGE LEARNING PLANNING FOR FOREIGNERS (BIPA) FOR BEGINNERS LEVEL (PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) UNTUK TINGKAT PEMULA)

Abstract view : 221 times
PDF - 119 times


Abstract


Kegiatan berbahasa mencakup kegiatan yang produktif dan reseptif di dalam Keterampilan berbahasa yang mencakup aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Empat keterampilan berbahasa ini merupakan keterampilan yang mutlak dikuasai oleh pembelajar ketika belajar bahasa. Karena empat keterampilan berbahasa ini sudah diajarkan berlahan pada saat mulai sekolah dasar sampai di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran BIPA tingkat pemula. Melihat bahan ajar yang digunakan, stragi pembelajaran yang dipilih dan ragam media pembelajaran yang digunakan oleh mahasiswa dalam menerapkan perencanaan pembelajaran BIPA untuk tingkat pemula atau dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif,  dengan  menggunakan metode triangulasi, yaitu membandingkan dan atau mencocokkan data yang diperoleh dari dokumen bahan ajar, observasi, dan penerapan materi BIPA oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di STKIP PGRI Sumatera Barat yang sedang mengambil mata kuliah pilihan BIPA. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi pengajar dan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah pilihan praktik BIPA.

 



Keywords


Perencanaan Pembelajaran, BIPA, Tingkat Pemula

Full Text:

PDF

References


Azizah, dkk. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Program CLS (Critical Language Scholarship) di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Tahun 2012. Vokal: Universitas Negeri Malang, Vol.1, No.1 (2013). Diambil dari http://jurnal- online.um.ac.id/article/do/detail-article/1/11/1386.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, syaiful bahri dan zain, aswin. 2002. Strategi belajar mengajar . Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandarwassid dan sunendar, dadang. 2008. Strategi pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda

Suyitno, Imam. 2007. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar”. Jurnal Wacana Vol.9 No.1, April 2007 (62 – 78).



DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i2.2732



Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia