PENGEMBANGAN RPKPS DAN SAP MENYIMAK BERBASIS PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Abstract view : 229 times
PDF - 233 times

Abstract


Permasalahan perangkat pembelajaran yang belum melibatkan mahasiswa dalam merancang kegiatan nyata apa yang sesungguhnya terjadi di dalam kelas. Oleh karena itu perlu dikembangkan perangkat pembelajaran berbasis CTL untuk mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat berupa Silabus, RPKPS, dan Bahan Ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kevalidan perangkat, kepraktisan perangkat pembelajaran, serta  keefektifan perangkat pembelajaran berbasis CTL pada mata kuliah Pengajaran Keterampilan Menyimak.

   Metode penelitian ini adalah   model pengembangan. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat yang mengambil mata kuliah Menyimak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini antara lain: Instrumen kevalidan, Instrumen kepraktisan dan Instrumen keefektifan. Data yang diperoleh melalui berbagai instrumen dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis pendahuluan diperoleh bahwa mahasiswa membutuhkan perangkat pembelajaran berbasis CTL pada pembelajaran keterampilan menyimak di STKIP PGRI Sumbar..

Kata kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, menyimak, basis CTL


Full Text:

PDF

References


Achsin, Amir. 1981. Pengajaran

Menyimak: Memilih dan

Mengembangkan Bahan Pengajaran.

Jakarta: P3G.

Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan

Kelas (Action Research). Direktorat

Pendidikan Menengah Umum,

Dirjen PDM, Depdikbud.

Depdiknas (a). 2004. UKBI: Uji

Kemahiran Berbahasa Indonesia

(Seri Pelatihan). Jakarta: Koperasi

Pegawai Negeri Pusat Bahasa,

Depdiknas.

Depdiknas (b) 2006. Standar Isi

Kurikulum Satuan Tingkat

Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia untuk SMP/MTs. Jakarta:

Depdiknas.

Nursaid. 2001. Pengajaran Keterampilan

Menyimak. Padang: Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia, FBSS UNP.

Sharpe, Pamela J. 2000. How to Prepare

for The TOEFL (Test of english as a

Foreign Language). London: Barbra

Publisher Inc.

Sutari, Ice,dkk. 1998.Menyimak. Jakarta:

Depdikbud.

Tarigan, Henry Guntur. 1983. Menyimak:

sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Ur, Penny. 1989. Teaching Listening

Comprehension. Cambridge:

Cambridge Univesity Press.

(Kelas, Smp, & Kedamean, n.d.)Kelas, F.,

Smp, V.,




DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i2.986


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia