PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENYIMAK BERBASIS PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Abstract view : 158 times
PDF - 192 times

Abstract


Permasalahan perangkat pembelajaran yang belum melibatkan mahasiswa dalam merancang kegiatan nyata apa yang sesungguhnya terjadi di dalam kelas. Oleh karena itu perlu dikembangkan perangkat pembelajaran berbasis CTL untuk mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat berupa Silabus, RPKPS, dan Bahan Ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kevalidan perangkat, kepraktisan perangkat pembelajaran, serta  keefektifan perangkat pembelajaran berbasis CTL pada mata kuliah Pengajaran Keterampilan Menyimak.

   Metode penelitian ini adalah   model pengembangan. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat yang mengambil mata kuliah Menyimak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini antara lain: Instrumen kevalidan, Instrumen kepraktisan dan Instrumen keefektifan. Data yang diperoleh melalui berbagai instrumen dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis pendahuluan diperoleh bahwa mahasiswa membutuhkan perangkat pembelajaran berbasis CTL pada pembelajaran keterampilan menyimak di STKIP PGRI Sumbar..

Kata kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, menyimak, basis CTL


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i2.986


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia