DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI NILAI TEMPAT KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Abstract view : 195 times
PDF - 457 times

Abstract


Kehidupan masyarakat di pesisir pantai sangat kaya dengan konsep-konsep matematika. Sebagai budaya, aktivitas bertukar barang berisi ide matematika karena matematika pada dasarnya merupakan fenomena budaya dan sebagai aktivitas manusia serta setiap budaya mengembangkan bentuk matematika mereka sendiri sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan lingkungan dan tujuan masyarakat. Pendekatan etnomatematika merupakan suatu proses pembelajaran yang mengintegrasikan budaya dan aktifitas masyarakat atau interaksi sosial dalam membangun konsep matematika. Pemahaman konsep nilai tempat bilangan tiga angka berawal dari ide bertukar sepuluh satuan menjadi satu puluhan dan sepuluh puluhan menjadi satu ratusan. Penelitian ini bertujuan untuk mensuport pemahaman siswa dalam memahami konsep nilai tempat lewat salah satu konteks tradisi/interaksi social yang berlangsung dalam masyarakat yaitu aktifitas bertukar kulibia. Penelitian ini difokuskan pada desain lintasan belajar (Hypothetical Learning Trajectory) siswa yang berkembang dari level informal menuju ke level formal.  Metode penelitian desain (design research) digunakan untuk menjawab tujuan penelitian. Penelitian ini menggambarkan bagaimana aktifitas bertukar kulibia dapat membantu siswa kelas 2B SD Negeri 2 Desa Latuhalat mamahami nilai tempat tiga angka. Penggunaan aktifitas bertukar kulibia dan diskusi siswa menunjukan pemahaman siswa terhadap konsep nilai tempat berkembang dari level informal ke level formal

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2016.v3i1.1392


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of Jurnal Lemma (e-ISSN:2460-1047 p-ISSN:2407-4527).


 

Total Kunjungan Jurnal LEMMA