pengaruh pendekatan mastery learning terhadap pemahaman konsep matematis dan self confidence peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Lampung

Abstract view : 82 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 17 times

Abstract


Berdasarkan hasil pra survey di SMPN 24 Bandar Lampung diketahui bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik masih cukup memperihatikan. Hal tersebut diketahui karena terdapat beberapa indikator dari pemahaman konsep matematis yang tidak dikuasai peserta didik, terlihat dari cara peserta didik mengerjakan soal. Selain pemahaman konsep matematis self-confidence peserta didik juga masih rendah. Hal ini terlihat dari beberapa peserta didik yang melihat jawaban temannya ketika mengerjakan soal. Untuk menyikapi permasalahan tersebut penulis meneliti suatu pendekatan mastery learning terhadap pemahaman konsep matematis dan self-confidence peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Self-Confidence peserta didik lebih baik dengan pendekatan Mastery Learning daripada dengan pendekatan pembelajaran konvensional (2) pemahaman konsep matematis peserta didik lebih dengan pendekatan pembelajaran Mastery Learning daripada dengan pendekatan pembelajaran konvensional (3) pengaruh pemahaman konsep matematis antara self-confidence kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah pada peserta didik dengan pendekatann Mastery Learning dan pendekatan konvensional (4) interaksi antara faktor pembelajaran dan percaya diri (tinggi, sedang, dan rendah) peserta didik terhadap pemahaman konsep matematis

Jenis dari penelitian ini adalah quasy experimental design. populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 24 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas.Teknik pengumpulan data berupa tes pemahaman konsep matematis,angket,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dan analisis variansi dua jalan sel tak sama.

Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% dari data diperoleh thitung = 3,589> ttabel = 2,00 maka H0 ditolak, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan anava sel tak sama. Dengan taraf signifikan 5% dari hasil analisis data diperoleh Fahitung = 21,987>Ftabel = 4,010 maka H0 ditolak, Fbhitung=149,010>Ftabel=3,159 maka H0 ditolak, Fab hitung=0,461<Ftabel=3,159 sehingga H0 diterima. Berdasarkan uji-t dan uji anava sel tak sama diperoleh kesimpulan  (1) Self-Confidence peserta didik lebih baik dengan pendekatan Mastery Learning daripada dengan pendekatan konvensional (2) pemahaman konsep matematis peserta didik lebih baik dengan pendekatan pembelajaran Mastery Learning daripada dengan pendekatan konvensional (3) terdapat pengaruh pemahaman konsep matematis antara self-confidence kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah pada peserta didik dengan pendekatan Mastery Learning dan pendekatan konvensional (4) tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan percaya diri (tinggi, sedang, dan rendah) peserta didik terhadap pemahaman konsep matematis 


References


Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Dua. Jakarta: Bumi Aksara, 2013

Azizahwati, Penerapan Strategi Mastery Learning untuk Mendeskripsikan Hasil Belajar Mahapeserta didik Program Studi pendidikan Fisika. Universitas Riau: Jurnal Geliga Sains, Vol.2 No.3,2009

Budiyono. Metodologi penelitian pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press, 2003

Eka L, Karunia Mokhammad Ridwan Y. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama, 2015

Isjoni. Cooperati Laerning: efektifitas pembelajaran kelompok, pekan baru: Alfabeta, 2007

Novalia, Olah Data Penelitian Pendidikan: Uji Instrumen, Uji Perbandingan, Teori, Microssoft Excel, Dan Spss. Bandar Lampung: Lembaga Pusat Statistik Nusantara, 2013

Rasyid dan Mansur, Harum Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima,2007

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet, 2012

Slameto. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta: PT Bumi aksara,1991

Subagyo, Joko. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta, 2011

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta,2010

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: alfabeta, 2011

Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara, 2013

W.Santrock, John and. AdolescencePerkembangan Remaja Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga,2003.

Yusri, R. Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Solok. Prosiding, 165.




DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i2.2345


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of Jurnal Lemma (e-ISSN:2460-1047 p-ISSN:2407-4527).


 

Total Kunjungan Jurnal LEMMA