PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING: SUATU UPAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Abstract view : 222 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 84 times

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Faktor yang mempengaruhi adalah siswa tidak aktif dan kurangnya komunikasi antara siswa dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi circuit learning terhadap hasil belajar matematika siswa pda ranah kognitif dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu pra eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control group only design.

Berdasarkan tes akhir hasil belajar diperoleh rata-rata hasil belajar matematika pada kelas eksperimen 79,3 dan rata-rata hasil belajar matematika kelas kontrol 70. Hasil analisa uji- t diperoleh thitung = 3,89 dan ttabel = 1,667 pada taraf nyata 0,05. Disimpulkan thitung > ttabel menerima hipotesis alternatif (H1) yaitu hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Analisis data pada ranah afektif didapat zhitung = 3,83 dan ztabel = 1,64 pada taraf nyata 0,05 dengan demikian zhitung ztabel, dengan kata lain Hi diterima artinya aktifitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data pada ranah kognitif dan afektif dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi circuit learning terhadap hasil belajar matematika siswa.

Keywords


circuit learning

References


Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

-------------------------. 2012. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suyitno. 2004 Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang FMIPA UNNES.

Tim STKIP YDB Lubuk Alung. 2011.Buku Panduan Penulisan Skripsi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. STKIP YDB Lubuk Alung.

Yohanes. 2012. Pendekatan Strategi Metode Teknik Dan Model Pembelajaran. Padang : Universitas Negeri Padang.




DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i1.2382


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of Jurnal Lemma (e-ISSN:2460-1047 p-ISSN:2407-4527).


 

Total Kunjungan Jurnal LEMMA