Hubungan antara Interaksi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 10 Sungai Penuh

Abstract view : 80 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 31 times PDF (Bahasa Indonesia) - 10 times

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat  hubungan interaksi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Sungai Penuh. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan antara interaksi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Sungai Penuh. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 10 Sungai Penuh, berjumlah 38 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling atau penentuan sampel secara acak setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata. Data mengenai pengaruh interaksi belajar  diperoleh dengan menggunakan angket yang disebarkan kepada setiap siswa yang menjadi sampel, angket yang digunakan merupakan angket tertutup dengan empat skala penelitian berdasarkan skala likert. Sedangkan data hasil belajar metematika siswa dalam penelitian ini adalah nilai tes pada materi pokok relasi dan fungsi. Dalam penelitian ini penulis mengolah data dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana.  Persamaan regresi yang diperoleh yaitu Ŷ= -21,56 + 1,311X. Kemudian dilanjutkan dengan uji keberartian regresi didapatkan Fhitung = 9,5646 sedangkan Ftabel­ = 4,41. Karena Fhitung > Ftabel  maka regresi berarti secara nyata pada taraf 95%. Ini berati terdapat hubungan interaksi belajar terhadap hasil belajar matematika dan untuk uji linieritas, didapatkan Fhitung = 1,016 sedangkan Ftabel­ = 3,60. Karena Fhitung < Ftabel berarti persamaan regresi adalah linier. Selanjutnya menghitung harga koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Harga koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,589 dan koefisien determinasi adalah 34,69%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara interaksi belajar terhadap hasil belajar matematika. Oleh karena itu disarankan kepada guru matematika agar dapat memberikan dorongan dan membangkitkan interaksi belajar siswa dalam belajar matematika sehingga hasil belajar matematika siswa dapat meningkat.

 

Kata Kunci: Interkasi belajar dan hasil belajar

Keywords


interaksi belajar dan hasil belajar

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetiya. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ali, Muhammad dan Muhammad Asrori. 2010. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharismi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

__________________. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budiningsih, Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Desiana. 2012. Metode Penelitian, Sebuah Perangkat Penting Bagi Dosen dan Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Sungai Penuh: STAIN Kerinci Press.

Fathurrohmah, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Melalui Penerapan Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Huda, Miftahul. 2008. Interaksi Pendidikan, 10 Cara Alqurqn Mendidik Anak. Malang: UIN-Malang.

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Ridwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Guru Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2011. Model-model pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saliman dan sudarsono. 1994. Kamus Pendidikan, pengajaran dan Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Pengembngan Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Sangrafika.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: IMSTEP.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Uno, B. Hamzah. 2008. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiadi Akbar. 2011. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara

Yamin, Martinis. 2012. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Ciputat: GP Press Grup

______________ . 2010. Kiat-kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada.

Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i1.2394


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of Jurnal Lemma (e-ISSN:2460-1047 p-ISSN:2407-4527).


 

Total Kunjungan Jurnal LEMMA