UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 2 PENGASIH

Abstract view : 80 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 14 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) materi himpunan kelas VIID SMP N 2 Pengasih tahun ajaran 2018/2019.

Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Pengasih pada tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penenlitian model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP N 2 Penagsih. Objek penelitian ini adalah pembelajaran matematika dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan model  Problem Based Learning (PBL). Data penelitian ini diperoleh dari observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah, catatan lapangandan dokumentasi. Analsiis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengolah data kualitatif dan kuantitatif yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah, catatan lapangan, obervasi keterlaksanaan pembelajaran, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu: (1) keterlaksanaan kegiatan guru pada siklus I 84,09 % dengan kriteria sangat baik menjadi 93,18 % dengan kriteria sangan baik pada siklus II, hasil kegiatan siswa siklus I 79,42% dengan kriteria baik menjadi 91,18% dengan kriteria sangat baik pada siklus II; (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada setiap indikatornya mengalami peningkatan, yaitu: (a) memahami masalah sebesar 80,22 menjadi 90,51. (b) merencanakan penyelesaian masalah sebesar 55,38 menjadi 87,76. (c) menyelesaikan masalah sebesar 77,24 menjadi 92,42. (d) memeriksa kembali proses dan hasil sebesar 50,97 menjadi 74,75.


Keywords


PTK



DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i2.2710


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of Jurnal Lemma (e-ISSN:2460-1047 p-ISSN:2407-4527).


 

Total Kunjungan Jurnal LEMMA