UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 2 PENGASIH

Abstract view : 275 times
PDF - 69 times


Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) materi himpunan kelas VIID SMP N 2 Pengasih tahun ajaran 2018/2019.

Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Pengasih pada tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penenlitian model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP N 2 Penagsih. Objek penelitian ini adalah pembelajaran matematika dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan model  Problem Based Learning (PBL). Data penelitian ini diperoleh dari observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah, catatan lapangandan dokumentasi. Analsiis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengolah data kualitatif dan kuantitatif yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah, catatan lapangan, obervasi keterlaksanaan pembelajaran, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu: (1) keterlaksanaan kegiatan guru pada siklus I 84,09 % dengan kriteria sangat baik menjadi 93,18 % dengan kriteria sangan baik pada siklus II, hasil kegiatan siswa siklus I 79,42% dengan kriteria baik menjadi 91,18% dengan kriteria sangat baik pada siklus II; (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada setiap indikatornya mengalami peningkatan, yaitu: (a) memahami masalah sebesar 80,22 menjadi 90,51. (b) merencanakan penyelesaian masalah sebesar 55,38 menjadi 87,76. (c) menyelesaikan masalah sebesar 77,24 menjadi 92,42. (d) memeriksa kembali proses dan hasil sebesar 50,97 menjadi 74,75.


Keywords


PTK

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman,Mulyono (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Aris, Shoimin (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulm 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Ali Hamzah (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Donni, Juni Priansa (2017). Pengemabgangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kemendikbud (2016). Matematika SMP/MTS Kelas VII Semester 2. Jakarta: Pusat

Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.



DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2018.v4i2.2710



Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.