Mengembangkan Higher Order of Thinking Skill Melalui Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract view : 187 times
PDF - 64 times

Abstract


Sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang diharapkan mampu mempersiapkan sumber daya manusia (SDM), yang dapat langsung terserap oleh dunia kerja. Situasi saat ini mengharuskan calon tenaga kerja mampu bersaing agar memperoleh kesempatan kerja. Untuk memenuhi harapan tersebut hendaknya siswa SMK memiliki kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang disebut kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Kemampuan-kemampuan tersebut dibutuhkan dalam pemecahan masalah di dunia kerja. Melalui makalah ini akan dibahas tentang bagaimana mengembangkan HOTS pada siswa SMK melalui pembelajaran matematika. Pembahasan diawali dengan analisis permasalahan yang terjadi terkait pembelajaran di SMK secara umum, pembelajaran matematika SMK, analisis teori dan hasil penelitian terdahulu. Metode yang digunakan dalam pengkajian ini adalah metode survey, study literature dan metode  deskriptif.

Keywords


HOTS, SMK, pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


Armiati., Almash, Lutfian., Arnellis., Helma. (2008). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kompetensi Profesi Bagi Siswa SMK Teknologi. Penelitian Hibah Bersaing. UNP

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skill in Your Classroom, Virginia: ASCD

Heong, Y. M., Widad, J., Kiong, Tee Tze, Razali, M. (2011). The Level of Marzuno Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, vol.1, No.2

Instruksi Presiden (Inpres) No. 9 Tahun 2016

King, F. J., Goodson, L., Rohani, F. (2004). Higher Order Thinking Skill. A publication of the Educational Services Program, now known as the Center for Advancement of Learning and Assessment.

Mulyasa

Suprihatin, Siti. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro ISSN: 2442-9449 Vol 3 No.1 (2015) 73-82

Pratiwi, Umi dan Fasha, Eka Farida. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA JPPI, Vol. 1, No. 1, November 2015, Hal. 123-142 e-ISSN 2477-2038




DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i2.2729


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of Jurnal Lemma (e-ISSN:2460-1047 p-ISSN:2407-4527).


 

Total Kunjungan Jurnal LEMMA