PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENALARAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Abstract view : 90 times
PDF - 26 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan penalaran komunikasi matematis siswa yang rendah pada kelas VIII SMPN 31 Padang . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penalaran komunikasi matematis siswa menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan scientific lebih baik daripada penalaran komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 31 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 8 kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk esai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa penalaran komunikasi matematis siswa menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan scientific lebih baik dari pada penalaran komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific

Keywords


kemampuan penalaran komunikasi matematis, pembelajaran Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Alfieri, L., et al. (2011). Does discovery-based instruction enhance learning?. Journal of Educational Psychology 2011, Vol. 103, No. 1, 1–16

Alisuf, Sabri. 2007. PsikologiPendidikan. Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya.

Balim, A. G. (2009). The effects of discovery learning on students’ success and inquiry learning skills. Journal of Educational Research, Issue 35, Spring 2009, 1-20.

Hosnan.2014.Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Lefrancois, G.R. (1999). Psychology for teaching (10th ed). Belmont: Wadsworth.

Riska Novia Sari. 2014. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing” Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Kepulauan Riau , 3-6.

Woolfolk, A., (2007). Educational Psychology (10th ed). Boston: Pearson Education.




DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i2.2738


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of Jurnal Lemma (e-ISSN:2460-1047 p-ISSN:2407-4527).


 

Total Kunjungan Jurnal LEMMA