PENCAPAIAN DIMENSI SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF

Abstract view : 169 times
PDF - 84 times


Abstract


Penelitian berawal dari masalah rendahnya Self Efficacy matematis siswa, ketika diberikan permasalahan, siswa kurang percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki dalam menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapain Self Efficacy matematis siswa yang di ajar dengan model pembelajaran generatif lebih baik daripada pencapain Self Efficacy matematis siswa yang di ajar dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari Dimensi Tingkat (Level), Dimensi Kekuatan (Strength) dan Dimensi Generilisasi (Generality). Jenis penelitian adalah quasi exsperiment dengan rancangan the randomized control group only design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan temuan penelitian disimpulkan bahwa pencapain Self-Efficacy matematis siswa yang di ajar dengan model pembelajaran generatif lebih baik daripada pencapain Self-Efficacy matematis yang di ajar dengan pembelajaran konvensional. Ditinjau dari dimensi Self-Efficacy pencapain Self-Efficacy matematis siswa yang di ajar dengan model pembelajaran generatif lebih baik daripada pencapain Self-Efficacy matematis yang di ajar dengan pembelajaran konvensional baik pada Dimensi Tingkat (Level), Dimensi Kekuatan (Strength) dan Dimensi Generilisasi (Generality).

Full Text:

PDF

References


Amalia, Rika Indah. (2012). Pengaruh Self Efficacy Beliefs Terhadap Prestasi Akademik Siswa SMA Kelas XI Jurusan IPSâ€. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Armiati. (2009). Self-Efficacy Matematis dan Pembelajaran Berbasis Masalah. UNIMED Medan: Makalah disajikan dalam Konferensi Nasional Pendidikan Matematika (KNPM) 3.

Gufron, M Nur. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

La Moma. (2012). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Generatif Siswa SMPâ€. Yogyakarta: Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Minarti, Eva Dwi. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis Siswa SMP. Program Pasca Sarjana UPI: Tesis tidak diterbitkan.

Pannen, Paulina dkk. (2001). Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Prawironegoro, Pratiknyo. (1985). Evaluasi Hasil Belajar Khusus Analisis Soal Bidang Studi Matematikaâ€. Jakarta: Dirjen Dikti P2I. PTK .

Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peniliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara.



DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2018.v4i2.2744



Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.