ANALISIS PROFIL MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR MATEMATIKA SD PADA MAHASISWA S1 PGSD STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Abstract view : 136 times
PDF - 137 times


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripikan profil: 1) minat belajar mahasiswa; 2) pemahaman konsep dasar matematika mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo pada pembelajaran Matematika semester II Tahun Akademik 2017/2018. Rancangan penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian mencakup semua mahasiswa semester II PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo yang terdiri atas 4 kelas. Sementara itu, dua kelas terpilih dijadikan sebagai sampel penelitian, Kelas A dan Kelas B. Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep dasar matematika menggunakan instrument tes, sedangkan untuk mendeskripsikan minat belajar Mahasiswa dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1 minat belajar mahasiswa untuk kedua kelas berada pada kategori tinggi, namun hanya berada pada batas bawah saja; 2) kemampuan pemahaman konsep untuk kelas A berada pada kategori cukup memuaskan dengan rata-rata 61,14, sedangkan untuk kelas B berada pada kategori memuaskan dengan rata-rata 63,37.


Keywords


pemahaman konsep dasar, minat belajar

Full Text:

PDF

References


Afrilianto. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kopetensi Matematis Siswa SMP Dengan Pendekatan metaphorical thinking. Jurnal Ilmial: STKIP Siliwangi.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar.Jakarta: PT bumi Aksara.

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika.Bandung: Tarsito.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, E.R. (2010). Cooperative learning teori, riset, dan praktik. (Terjemahan Nurulita). Bandung: Nusa Media.

Stevens, J.P. (2009). Applied multivariate statistics for the social sciences. Avenue, New York: Taylor and Francis Group, LLC.

Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra., Prabawanto, S., Nurjanah., Rohayati, A. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sardiman A.M. (2008). Interaksidan MotivasiBelajar Mengajar. Jakarta: PT.Grafindo Persada.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovati - Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.



DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2018.v4i2.2748



Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.