MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI

Abstract view : 40 times
PDF - 3 times


Abstract


Motivasi atau dorongan untuk mencapai suatu keinginan yang sangat berpengaruh dalam membantu mecapai tujuan yang ingin dituju seseorang.tujuan dari penelitian ini seberapa besar motivasi belajarmatematika siswa terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi peneliatian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif Subjek yang diambil peneliti adalah siswa kelas XI MIA 1 MAN 3 CIREBON sebanyak 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket untuk mengambilan datanya peneliti menggunakan skala Guttman.. Pada penelitian ini proses pengumpulan data menggunakan metode survei dalam bentuk kuesioner. Teknik analisis data teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif persentase dari hasl pembahasan diperoleh 2 siswa (6.67%) dalam kategori sangat tinggi, 7 siswa (23,33%) dalam kategori tinggi, 14 siswa (46.66%) dalam kategori sedang, 5 siswa (16.67%) dalam kategori rendah, dan 2 siswa (6.67%) dalam kategori sangat rendah. Frekuensi terbanyak tingkat Motivasi Belajar Matematika siswa kelas XI MIA 1 dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terdapat pada kategori sedang yaitu 14 anak dengan presentase 46,67%, dsebabkan adanya faktor eksternal siswa pernyataan tersebut didapat dari hasil wawancara siswa.

Kata kunci: Motivasi belajar, Minat, Perguruan tinggi

 


Keywords


teaching mathematics education

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Andika, Angga Tri. (2015). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Minat Melanjutkan Kuliah Di Perguruan Tinggi Negeri Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Trenggalek. Skripsi. Trenggalek: Universitas Negri Malang.

Fatmasari, N .(2018). Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Persepsi Peluang Kerja Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI 1 KARTASURA. Skripsi. Universitas Muhamadiah Surakarta.

Frans, V Danar. (2012). Hubungan Antara Motivasi Belajar Intrinsik Dan Ekstrinsik Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video Smk Ma’arif 1 Wates. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negi Yogyakarta.

Khoerunisa Fitriani. (2014). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Akuntansi Smk Negeri 1 Kendal. Economic Education Analysis Journal, 3(1).

Muhamad Farhan, Heri Retnawati.(2014) Keefektifan Pbl Dan Ibl Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, Dan Motivasi Belajar .Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1-Nomor 2.

Nabila Kharisma, (2015) Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Kompetensi Keahlian Akuntansi Di Smk Negeri Se-Kota Semarang. Under Graduates Thesis, Universitas Negeri Semarang.

Nurhayani, Ulfa (2012) Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak)(Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta Medan). Jurnal Mediasi, 04 (01). pp. 59-67.

Rahman, N Firmandaru. (2018). Motivasi Siswa Kelas V Sd Negeri Tegalpanggung Kota Yogyakarta Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Skripsi.

Supriadi. (2012). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Cakrawala Pendidikan ISSN:XXXI No.2;244 -255.

Sukur, Sulihin B. (2012).pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK.. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 3.

Witri Lestari. (2012) Efektifitas Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 2(3): 170-181 ISSN: 2088-351X.



DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2020.v6i2.3686



Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.