Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write Terhadap PemahamanKonsep Matematis Siswa Kelas VIII.4 SMP Negeri 12 Padang

Abstract view : 25 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1 times


Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep  siswa terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah  terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII.4SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen,dengan desain penelitian  one-shot case study. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling pada kelas VIII.4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini  adalah tes akhir berbentuk esai dengan reliabilitas tes r11=  0,84. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh  thitung= 2,84 dan ttabel=1,7 dengan , maka thitung > tabel sehingga hipotesis dalam penelitian ini H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write  terhadap  pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 12 Padang


Keywords


Think Talk Write, Pemahaman Konsep


DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2020.v6i2.3746



Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.